Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi membuat kebun binatang dari stik es krim untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Anggur Batu Belubang

Rama, Aisyah Faradila (2025) Implementasi membuat kebun binatang dari stik es krim untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Anggur Batu Belubang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2012014 _organized.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2012014 _organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (927kB)
[thumbnail of BAB I_2012014.pdf] Text
BAB I_2012014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2012014.pdf] Text
BAB II_2012014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2012014.pdf] Text
BAB III_2012014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2012014.pdf] Text
BAB IV_2012014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2012014.pdf] Text
BAB V_2012014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2012014.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2012014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pertimbangan terhadap apa yang tampak ( fenomena sosial) yang terjadi di PAUD Anggur Batu Belubang yang berhubungan dengan anak-anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan membuat kebun binatang dari stik es krim untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Fenomena yang terjadi saat kegiatan pembelajaran membuat kebun binatang dari stik es krim di dalam kelas yaitu kurang berkembangnya anak dalam mengembangkan motorik halus melalui kegiatan membuat kebun binatang dari stik es krim.

Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas yang mengajarkan kegiatan membuat kebun binatang dari stik es krim didalam kelas. Serta diperkuat dengan observasi dan dokumentasi kegiatan membuat kebun binatang dari stik es krim yang dilakukan oleh peserta didik saat penelitian disekolah. Subjek penelitian yaitu berjumlah 12 orang anak dikelas B3 PAUD Anggur Batu Belubang. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi membuat kebun binatang dari stik es krim untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Anggur Batu Belubang dilakukan melalui berbagai tahapan yaitu : Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi atau penilaian. Hasil dari implementasi membuat kebun binatang dari stik es krim untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Anggur Batu Belubang yaitu anak mampu menggunting sesuai pola, anak mampu menempelkan gambar dengan rapi, anak mampu mengontrol gerakan tangan saat menggunting dan menempel, anak mampu menyusun stik es krim di atas sterofoam.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PAUD Anggur Batu Belubang 95% anak mengalami peningkatan perkembangan motorik halusnya, sedangkan 5% anak mulai berkembang dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: implementasi; stik es krim; kemampuan motorik halus
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Aisyah Faradila Rama
Date Deposited: 19 May 2025 07:19
Last Modified: 19 May 2025 07:19
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item
View Item