Hanin, Jaizah (2025) Penerapan bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Permata Bunda Kecamatan Simpang Teritip Tahun 2024. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2012028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (942kB)
BAB I_2012028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (112kB) | Request a copy
BAB II_2012028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (138kB) | Request a copy
BAB III_2012028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (106kB) | Request a copy
BAB IV_2012028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
BAB V_2012028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (38kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2012028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (80kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pertimbangan
terhadap fenomena sosial yang terjadi di PAUD Permata Bunda Kecamatan
Simpang Teritip yang melibatkan anak-anak usia 5-6 tahun. Fenomena yang
tampak dan diamati adalah kurangnya kemampuan berbicara beberapa anak saat melakukan kegiatan bermain peran di dalam kelas, baik dalam berinteraksi dengan teman sebaya maupun dengan guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru yang mengajar kegiatan bermain peran. Pengumpulan data juga diperkuat dengan observasi dan dokumentasi kegiatan bermain peran yang dilakukan oleh anak-anak dan guru selama penelitian berlangsung, serta wawancara dengan orang tua empat anak yang belum berkembang dalam berbicara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain peran dalam
meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Permata Bunda Kecamatan Simpang Teritip melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluiasi. Sedangkan hasil penerapan bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usai 5-6 tahun di PAUD Permata Bunda dalam beberapa indikator yaitu: 1) anak mampu mengerti beberapa perintah secara bersamaan, yang dimana kemampuan berbicara anak-anak meningkat signifikan. Pada awalnya, hanya 1 anak yang berkembang sesuai harapan (BSH), namun pada pertemuan kedelapan, 9 anak mencapai berkembang sesuai harapan (BSH) dan 5 anak mencapai perkembangan sangat baik (BSB); 2) anak mampu mengulang kalimat yang lebih kompleks; 3) anak mampu memahami aturan dalam suatu permainan; 4) anak mampu berkomunikasi secara lisan; dan 5) anak mampu melanjutkan sebagian cerita juga meningkat tajam, dengan sebagian besar anak mencapai berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) pada akhir pertemuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Penerapan bermain peran; Kemampuan berbicara; Anak usia 5-6 tahun |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Jaizah Hanin |
| Date Deposited: | 19 May 2025 07:06 |
| Last Modified: | 19 May 2025 07:06 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3203 |
