Azia, Nur (2024) Peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain pasir di kelas B2 TK At-Tauhid Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2012056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_2012056_120444.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB) | Request a copy
BAB II_2012056_120452.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB) | Request a copy
BAB III_2012056_120456.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (138kB) | Request a copy
BAB IV_2012056_120458.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (847kB) | Request a copy
BAB V_2012056_120516.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (46kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2012056._120614.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (157kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini fokus pada peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan bermain pasir. Motorik halus merupakan keterampilan penting yang mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, seperti menulis, menggambar, dan melakukan tugas-tugas yang memerlukan ketepatan. Kegiatan bermain pasir memberikan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi, berkreasi, dan mengembangkan keterampilan motorik halus melalui interaksi langsung dengan media yang menyenangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan bermain pasir dilakukan beberapa tahapan yang tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Sedangkan hasil dari peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan bermain pasir yaitu anak mampu mengkoordinasi mata dan tangan, anak mampu menggenggam, anak mampu menggerakkan jari, anak mampu menggunakan alat, dan anak mampu berkreativitas dalam membentuk. Dari 14 anak di kelas B2, peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan bermain pasir rata-rata semuanya berkembang sangat baik (BSB).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kemampuan motorik halus; bermain pasir |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | nur azia |
| Date Deposited: | 19 May 2025 02:50 |
| Last Modified: | 19 May 2025 02:50 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3186 |
