Ramdani, Muhamad (2025) Upaya guru pendidikan agama Islam meningkatkan nilai-nilai budaya pendidikan dalam perspektif agama Islam di SD Negeri 20 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman awal_2111166.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _2111166 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (279kB) | Request a copy
BAB II_2111166 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (334kB) | Request a copy
BAB III_2111166 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
BAB IV_2111166 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (922kB) | Request a copy
BAB V_2111166 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111166 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (211kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kebiasaan yang terjadi secara kontinyu dalam dunia pendidikan sangat mempengaruhi terhadap proses pendidikan itu sendiri, sehingga seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik guna meningkatkan mutu pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru PAI dalam meningkatkan nilai-nilai budaya pendidikan perspektif agama Islam serta upaya guru PAI dalam mengatasi tantangan meningkatkan nilai-nilai budaya pendidikan perspektif agama Islam di SD Negeri 20 Mendo Barat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik triangulasi, dimana data yang diambil hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi diolah sehingga mendapatkan kesimpulan yang valid.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI sangat berperan penting dalam mengembangkan nilai-nilai budaya pendidikan Islam melalui strategi pembelajaran yang efektif, mengintegrasikan nilai-nilai agama ke dalam kurikulum, menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan memberikan contoh teladan yang baik. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan teori dan praktik pendidikan agama Islam di tingkat dasar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | upaya; pendidikan agama Islam; nilai budaya pendidikan |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Muhamad Ramdani |
| Date Deposited: | 19 May 2025 06:43 |
| Last Modified: | 19 May 2025 06:43 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3161 |
