Lelianti, Helfi (2023) Mengembangkan kemandirian anak usia 5-6 tahun melalui bermain kelompok di TK Tidar Koe Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1812024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (123kB)
BAB II_1812024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
BAB III_1812024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (162kB)
BAB IV_1812024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (415kB)
BAB V_1812024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (34kB)
Daftar Pustaka_1812024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
Abstract
Kemandirian harus ditanamkan dan dilakukan pada anak sejak usia 5-6 tahun. Hal ini untuk menjadi prioritas karena pada tahap usia anak tersebut anak sudah mulai mengembangkan berbagai kemampuan dan keterampilan untuk mengurus diri sendiri. Salah satu cara utuk mengembangkan kemandirian anak yaitu melalui kegiatan bermain kelompok. Kegiatan bermain kelompok merupakan salah satu solusi peneliti anggap menarik dalam upaya mengembangkan kemandiriann anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pelaksanaan bermain kelompok untuk kemandirian anak 5-6 tahun di TK Tidar Koe Pangkalpinang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang memandang objek sebagai sesuatu yang dinamis, dan mendeskriptifkan suau fenomena-fenomena apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan bermain kelompok di TK Tidar Koe Pangkalpinang dapat dilakukan beberapa langkah pelaksanaan antara lain: guru menata lingkungan bermain, guru menjelaskan aturan bermain, anak melaksanakan bermain kelompok, dan guru melakukan recalling. Hasil pelaksanaannya yaitu kepercayaan anak pada diri sendiri, motivasi intrinsik yang tinggi, mampu dan berani menentukan pilihan sendiri, kreatif dan inofatif, bertanggung jawab menerima konsekuensi, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dan tidak ketergantungan dengan orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemampuan kemandirian;bermain kelompok; anak usia 5-6 tahun. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Helfi Lelianti |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:53 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:53 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/315 |