Susanti, Nia (2024) Hubungan pendidikan agama Islam dengan kepribadian Islami peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (904kB)
BAB I_1811133.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (576kB) | Request a copy
BAB II_1811133.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (588kB) | Request a copy
BAB III_1811133.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (563kB) | Request a copy
BAB IV_1811133.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1811133.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (177kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811133.pdf - Accepted Version
Download (100kB)
Abstract
Pendidikan adalah suatu aktivitas untuk mengembangkan seluruh aspek kepribadian manusia yang akan berjalan seumur hidup. Kualifikasi pendidikan yang ada dalam ajaran Islam memberikan kejelasan bentuk konseptualnya, pembentukan kepribadian muslim dan kemajuan masyarakat dan budaya adalah yang tidak menyimpang dari ajaran Islam dan bersumber dari Al-Qur‟an dan Al- sunnah. Dengan demikian, proses kependidikan Islam bertugas pokok membentuk kepribadian Islami dalam diri manusia selaku makhluk individual dan sosial.
Pembentukan moral yang tinggi adalah tujuan utama dari pendidikan Islam.. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kepribadian Islami Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.
Setelah dilakukan penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa rata-rata hasil skor angket pada variabel Pendidikan Agama Islam sebesar 68,61 dan angka tersebut masuk dalam kategori sedang. Kemudian rata-rata hasil skor angket pada variabel kepribadian islami peserta didik adalah 53,37 dan angka tersebut pun masuk dalam kategori sedang. Sedangkan hasil dari perhitungan korelasi product moment adalah sebesar 0,203 dan dengan df 167-2 = 165 diperoleh r tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,1519. Maka nilai rhitung > rtabel yakni 0,203 > 0,1519 dan nilai signifikansinya yakni 0,009 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungn yang signifikan antara variabel pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (X) dengan Kepribadian islami peserta didik (Y) kelas X di SMA Negeri 1 Air Gegas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Nia Susanti |
| Date Deposited: | 16 May 2025 02:59 |
| Last Modified: | 16 May 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3148 |
