Wiranda, Hadi (2024) Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPITA At-Tauhid Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (656kB)
BAB I_1911059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (244kB) | Request a copy
BAB II_1911059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (232kB) | Request a copy
BAB III_1911059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (296kB) | Request a copy
BAB IV_1911059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (282kB) | Request a copy
BAB V_1911059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (37kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (169kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Salah satu kebutuhan yang harus dimiliki peserta didik adalah kebutuhan penghargaan yang terdapat dalam kebutuhan intelektual (berprestasi). Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan penghargaan dalam pembelajaran yaitu dengan cara memberikan reward dan punishment yang digunakan untuk memotivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuannya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik di SMPITA At-Tauhid pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini sebanyak 203 siswa dan sampel dari penelitian ini sebanyak 50 siswa. Adapun jenis sampel yang digunakan yaitu metode sampel jenuh. Instrument penelitian menggunakan angket dengan analisis regresi menggunakan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik di SMPITA At-Tauhid Pangkalpinang. Hal ini berdasarkan hasil uji regresi linier berganda yang diperoleh dari nilai thitung sebesar 2.592 dan nilai sig sebesar 0000. Pada derajat bebas df = 50 - 3 = 47, nilai ttabel yang didapat yaitu sebesar 2,011. maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (2.592 > 2,011) dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan hasil tersebut maka Ha diterima dan otomatis H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik SMPITA At-Tauhid Pangkalpinang. Kemudian untuk nilai R Square sebesar 32,2%, artinya bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 32,2% dan sisanya 67,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan variabel.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Reward dan Punishment; Motivasi Belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hadi Wiranda |
| Date Deposited: | 16 May 2025 02:44 |
| Last Modified: | 16 May 2025 02:44 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3136 |
