Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh layanan konseling individual dengan teknik desensitisasi sistematis terhadap kecemasan belajar peserta didik SMA NEGERI 1 Toboali

Maharani, Rodita (2024) Pengaruh layanan konseling individual dengan teknik desensitisasi sistematis terhadap kecemasan belajar peserta didik SMA NEGERI 1 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2015016.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2015016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB)
[thumbnail of BAB I_2015016.pdf] Text
BAB I_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2015016.pdf] Text
BAB II_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2015016.pdf] Text
BAB III_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2015016.pdf] Text
BAB IV_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2015016.pdf] Text
BAB V_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2015016.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN_2015016.pdf] Text
LAMPIRAN_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (943kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Toboali. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya kecemasan belajar yang dialami peserta didik dengan ditandai salah satunya sering merasakan kekhawatiran pada saat jam mata pelajaran dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling individual dengan teknik desensititasi sistematis terhadap kecemasan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode single subject research. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 2 peserta didik dengan kategori kecemasan belajar tinggi. Dalam proses pengolahan data digunakan perhitungan analisis Single subject research desain A-B-A dengan metode split middle.

Berdasarkan hasil uji analis Single subject research desain A-B-A terdapat perbedaan tingkat kecemasan peserta didik. Sebelum diberikan intervensi tingkat
kecemasan subjek AC dengan kategori tinggi dengan nilai 11,11,12. Sedangkan subjek N dengan kategori tinggi dengan nilai 11,11,12. Setelah pemberian intervensi tingkat kecemasan belajar subjek AC mengalami penurunan dengan nilai 8,7,6 dengan kategori sedang. Sedangkan pada subjek N Setelah pemberian intervensi tingkat kecemasan belajar subjek N mengalami penurunan dengan nilai 7,6,5 dengan kategori sedang. Dari hasil perhitungan analisis single subject research desain A-B-A menunjukkan adanya perubahan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individual dengan teknik desensititasi sistematis berpengaruh terhadap kecemasan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Individual; Desensititasi Sistematis; Kecemasan Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Rodita Maharani
Date Deposited: 15 May 2025 07:40
Last Modified: 15 May 2025 07:40
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item
View Item