Maharani, Rodita (2024) Pengaruh layanan konseling individual dengan teknik desensitisasi sistematis terhadap kecemasan belajar peserta didik SMA NEGERI 1 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2015016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (811kB)
BAB I_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB) | Request a copy
BAB II_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (329kB) | Request a copy
BAB III_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (381kB) | Request a copy
BAB IV_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (134kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (10MB) | Request a copy
LAMPIRAN_2015016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (943kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Toboali. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya kecemasan belajar yang dialami peserta didik dengan ditandai salah satunya sering merasakan kekhawatiran pada saat jam mata pelajaran dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling individual dengan teknik desensititasi sistematis terhadap kecemasan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode single subject research. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 2 peserta didik dengan kategori kecemasan belajar tinggi. Dalam proses pengolahan data digunakan perhitungan analisis Single subject research desain A-B-A dengan metode split middle.
Berdasarkan hasil uji analis Single subject research desain A-B-A terdapat perbedaan tingkat kecemasan peserta didik. Sebelum diberikan intervensi tingkat
kecemasan subjek AC dengan kategori tinggi dengan nilai 11,11,12. Sedangkan subjek N dengan kategori tinggi dengan nilai 11,11,12. Setelah pemberian intervensi tingkat kecemasan belajar subjek AC mengalami penurunan dengan nilai 8,7,6 dengan kategori sedang. Sedangkan pada subjek N Setelah pemberian intervensi tingkat kecemasan belajar subjek N mengalami penurunan dengan nilai 7,6,5 dengan kategori sedang. Dari hasil perhitungan analisis single subject research desain A-B-A menunjukkan adanya perubahan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individual dengan teknik desensititasi sistematis berpengaruh terhadap kecemasan belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Konseling Individual; Desensititasi Sistematis; Kecemasan Belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Rodita Maharani |
| Date Deposited: | 15 May 2025 07:40 |
| Last Modified: | 15 May 2025 07:40 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3103 |
