Wafiyah, Saiddatul (2025) Efektivitas konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MTsN 1 bangka barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2121050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (825kB)
BAB I_2121050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (475kB) | Request a copy
BAB II_2121050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (656kB) | Request a copy
BAB III_2121050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (903kB) | Request a copy
BAB IV_2121050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (415kB) | Request a copy
BAB V_2121050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2121050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (431kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kepercayaan diri merupakan faktor pribadi yang penting bagi individu yang tidak memiliki keyakinan menyebabkan banyak masalah bagi individu, kepercayaan diri juga penting bagi siswa dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui kepercayaan diri siswa MTsN 1 Bangka barat ,yang rendah sebelum dan sesudah diberikan eksperimen dalam intervensi konseling individu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk desain one group. Subjek penelitian ini yaitu siswa MTsN 1 Bangka Barat pada tahun 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Bangka Barat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum diberikan perlakuan dengan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) teknik cognitive restructuring dalam layanan konseling individu dengan pengambilan purposive sampling berada dikategori rendah dan setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) teknik cognitive restructuring dalam layanan konseling individu mengalami peningkatan menjadi kategori sangat tinggi dengan hasil uji reabilitas menunjukkan nilai croncbach alpha 0,867 < 0,60. Maka dapat dikaitkan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan layanan konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) untuk meningkatkan kepercyaan diri siswa efektif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa yang dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig 0,012 < p 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konseling individu; pendekatan cognitive behavior therapy (CBT); kepercayaan diri |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | saiddatul wafiyah |
| Date Deposited: | 14 May 2025 07:35 |
| Last Modified: | 14 May 2025 07:35 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3087 |
