Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pola perilaku bullying di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bangka Tengah

Hatmoko, Widi (2025) Pola perilaku bullying di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bangka Tengah. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal] Text (Halaman Awal)
Halaman Awal_228101041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I_228101041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II_228101041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III_228101041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV_228101041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V_228101041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_228101041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Lembaga pendidikan merupakan badan atau lembaga, baik negeri maupun
swasta, yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan sehingga menjalankan
usaha dalam bidang pendidikan. Di Indonesia terdapat banyak lembaga
pendidikan dengan tujuan, kurikulum, dan lulusan yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola perilaku bullying dan bagaimana madrasah dalam mengatasi perilaku bullying MTSN 1 Bangka Tengah. Penelitian ini mengungkap berbagai pola serta bentuk bullying meliputi bullying dalam bentuk fisik seperti bullying, bullying verbal seperti mengolok-olok siswa yang memiliki kekurangan fisik, menghina orang tua dengan nama panggilan, bullying melalui internet (cyberbullying), menghina siswa lain melalui media sosial. Faktor pemicu terjadinya bullying antara lain faktor keluarga yang kurang memperhatikan, faktor sekolah dengan pengawasan yang rendah, faktor lingkungan yang buruk, faktor teman sebaya yang mendukung terjadinya bullying, faktor media sosial yang kurang terkontrol. Langkah Madrasah mengatasi perilaku bullying yang digunakan meliputi pembentukan tim anti bullying, penyediaan kotak pengaduan, penerapan strategi reward and punishment, pemberian edukasi tentang bahaya bullying.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: kontsruktisme; behaviorisme; bullying
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Mr Widi Hatmoko
Date Deposited: 14 May 2025 13:23
Last Modified: 15 May 2025 01:11
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item
View Item