Fatimatuzzahra, Sifa (2023) Implementasi bimbingan karir bagi siswa SMA-LB kelas XII penyandang tunarungu di SLB YPAC Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1921046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (697kB)
BAB I_1921046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (334kB)
BAB II_1921046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (462kB)
BAB III_1921046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (493kB)
BAB IV_1921046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (344kB)
BAB V _1921046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
DAFTAR PUSTAKA_1921046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
Abstract
Implementasi bimbingan karir bagi siswa SMA-LB kelas XII penyandang tunarungu sangat penting dilakukan. Dalam hal ini, individu dapat mengenali bakat dan minat mereka, tujuannya agar mereka mampu mengembangkan apa yang didapatkan khususnya keterampilan yang dimiliki sehingga dapat memilih dan memutuskan rencana karirnya kedepan. Dalam penelitian ini penulis mengkaji dua persoalan, yakni bagaimana proses implementasi bimbingan karir bagi siswa SMA-LB kelas XII penyandang Tunarungu dan Manfaat setelah melaksanakannya implementasi bimbingan karir bagi siswa SMA-LB kelas XII penyandang tunarungu di SLB YPAC Pangkalpinang.
Melihat dari objek penelitian peristiwa ini bersifat kualitatif. Data serta informasi didapatkan dengan pendekatan deskriptif yang bermaksud untuk memahami kejadian, fakta dan data mengenai implementasi bimbingan karir bagi siswa SMA-LB kelas XII penyandang tunarungu di SLB YPAC Pangkalpinang, Kemudian data tersebut akan dianalisis dengan analisis domain model Spradley. Pengumpulan data dilakukan secara terus menerus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil yang didapatkan dari proses implementasi bimbingan karir bagi anak tunarungu melalui pembinaan keterampilan ini mengalami kemajuan dan berkembang dengan baik. Siswa tunarungu mampu mengikuti proses bimbingan dari awal sampai akhir sesuai dengan indikator penilaian dan dibimbing oleh guru keterampilan. Manfaat setelah melaksanakannya yaitu siswa tunarungu lebih percaya diri dan bisa mengenali potensi yang ada pada diri mereka serta termotivasi bahwa pekerjaan itu penting untuk dirinya agar nantinya tidak bergantung pada orang lain dan dapat hidup mandiri. Berdasarkan hasil beberapa program bimbingan karir menunjukkan bahwa beberapa program unggulannya yaitu pembuatan batik, melukis, kreasi barang bekas dan tata boga yang kemudian program tersebut bisa mempunyai nilai jual di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi bimbingan karir; tunarungu; SLB YPAC |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | SIFA FATIMATUZZAHRA |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 08:30 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 08:30 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/307 |