Ratu, Mila (2025) Implementasi program literasi Al-Qur'an dan relevansinya terhadap pemahaman Al-Qur'an pada siswa di SMP Negeri 3 Pangkalan Baru, Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (958kB)
BAB I_2011116.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (565kB) | Request a copy
BAB II_2011116.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (674kB) | Request a copy
BAB III_201111.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (335kB) | Request a copy
BAB IV_2011116.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (667kB) | Request a copy
BAB V_2011116.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (298kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011116.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (423kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman Al-Qur’an pada siswa seperti pemahaman membaca Al-Qur’an dan pemahaman ilmu tajwid. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implemntasi program literasi Al-Qur’an dan relevansi program literasi Al-Qur’an terhadap pemahaman Al-Qur’an pada siswa di SMP Negeri 3 Pangkalan Baru, Bangka Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, yaitu menjabarkan hasil penelitian yang mendalam dengan mendeskripsikan dan menguraikan data-data yang didapatkan mengenai implementasi program literasi Al-Qur’an dan relevansinya terhadap pemahaman Al-Qur’an di SMP Negeri 3 Pangkalan Baru, Bangka Tengah. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Pangkalan Baru, Desa Air Mesu, Kec. Pangkalan Baru, Kab. Bangka Tengah dan sumber data ini diperoleh dari sumber data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan mereduksi data yang telah dikumpulkan, kemudian disajikan dalam bentuk narasi, dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada fakta lapangan yang telah ditemukan dari hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi Al-Qur’an di SMP Negeri 3 Pangkalan Baru, Bangka Tengah berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari tahap pelaksanaan program literasi Al-Qur’an dimulai dari alokasi waktu pelaksanaan, pembukaaan, kegiatan inti, dan penutup kegiatan program literasi pada setiap harinya. Implementasi program literasi Al-Qur’an pada siswa di SMP Negeri 3 Pangkalan Baru Bangka Tengah relevan dengan pemahaman Al-Qur’an pada siswa. Dengan adanya program literasi Al-Qur’an di SMP Negeri 3 Pangkalan Baru, Bangka Tengah, dapat meningkatkan pemahaman Al-Qur’an pada siswa. Sehingga pemahaman Al-Qur’an pada siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci: Program Literasi Al-Qur’an, Pemahaman Al-Qur’an, Siswa
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | program literasi; pemahaman Al-Qur'an; siswa |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mila Ratu |
| Date Deposited: | 08 May 2025 06:30 |
| Last Modified: | 08 May 2025 06:30 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3053 |
