Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Tingkat Pemahaman Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Belitung Terhadap Pemasaran Syariah

Zairina, Hendra (2025) Tingkat Pemahaman Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Belitung Terhadap Pemasaran Syariah. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_228102023.pdf] Text
HALAMAN AWAL_228102023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (900kB)
[thumbnail of BAB I - 228102023.pdf] Text
BAB I - 228102023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II - 228102023.pdf] Text
BAB II - 228102023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III - 228102023.pdf] Text
BAB III - 228102023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV - 228102023.pdf] Text
BAB IV - 228102023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V - 228102023.pdf] Text
BAB V - 228102023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA - 228102023.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA - 228102023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Pesatnya perkembangan usaha kecil dan menengah dari tahun ke tahun tentu saja mempengaruhi persaingan antar perusahaan. Persaingan ini tentu saja memacu para pelaku ekonomi untuk menerapkan strategi dan manajemen pemasaran dengan baik, dan Islam memberikan tuntunan bagaimana menjalankan bisnis dengan sukses dan sah. Oleh karena itu, Nabi Muhammad (saw) adalah contoh bagaimana menjalankan bisnis secara Islam. Kesuksesan bisnisnya menawarkan pelajaran yang dapat diterapkan pemilik usaha kecil dalam dunia bisnis saat ini.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap tingkat pemahaman UKM tentang pemasaran Syariah. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif yang didukung oleh data dan analisis penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya.

Adapaun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman, yaitu pendidikan (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap pemasaran syariah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t, dengan nilai signifikan 0,151 > 0,05 dan nlai t hitung 1,447 < t tabel 1,985. Artinya tidak terdapat pengaruh pendidikan terhadap pemasaran syariah. Sedangkan pelatihan (X2) berpengaruh secara parsial, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nlai t hitung 3,953 > t tabel 1,985. Artinya terdapat pengaruh pelatihan terhadap pemasaran syariah.sedangkan secara simultan dapat dilihat dari uji F bahwa signifikan lpengaruh lpendidikan (X1) dan pelatihan (X2) secara bersama-sama terhadap pemasaran syariah adalah 0,000 < 0,05 maka hipotsis diterima dan nilai F hitung 8,349 > dari F tabel 4,83 artinya terdapat pengaruh pendidikan (X1) dan pelatihan (X2) secara bersama- sama terhadap pemasaran syariah. Adapun pengaruh pendidikan (X1) dan pelatihan (X2) terhadap pemasaran syariah sebesar 12,9% atau termasuk dalam kategori “tinggi” dengan nilai di atas 0,67.

INGGRIS :
The rapid development of small and medium enterprises from year to year certainly affects competition between companies. This competition certainly spurs economic actors to implement good marketing strategies and management, and Islam provides guidance on how to run a business successfully and legally. Therefore, the Prophet Muhammad (saw) is an example of how to run a business in an Islamic way. His business success offers lessons that small business owners can apply in today's business world.

The purpose of this study is to partially and simultaneously determine the effect of education and training on the level of understanding of SMEs about Islamic marketing. This research methodology uses descriptive quantitative research supported by data and research analysis conducted by previous researchers.

The results of the study indicate that the level of understanding, namely education (X1) partially does not affect Islamic marketing. This can be seen from the results of the t-test, with a significant value of 0.151 > 0.05 and a calculated t value of 1.447 < t table 1.985. This means that there is no influence of education on sharia marketing. While training (X2) has a partial effect, this can be seen from the results of the t-test, with a significant value of 0.000 < 0.05 and a calculated t value of 3.953 > t table 1.985. This means that there is an influence of training on sharia marketing. While simultaneously it can be seen from the F test that the significant influence of education (X1) and training (X2) together on sharia marketing is 0.000 < 0.05, so the hypothesis is accepted and the calculated F value is 8.349 > from F table 4.83, meaning that there is an influence of education (X1) and training (X2) together on sharia marketing. The influence of education (X1) and training (X2) on sharia marketing is 12.9% or included in the "high" category with a value above 0.67.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: pelatihan; pemasaran syariah; pendidikan; tingkat pemahaman dan UMKM
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Selpi Egitya
Date Deposited: 08 May 2025 06:24
Last Modified: 08 May 2025 06:24
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item
View Item