Ratnasari, Desi (2021) Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Air Gegas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_ 1711031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
BAB I_1711031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (435kB)
BAB II_1711031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (561kB)
BAB III_1711031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (829kB)
BAB IV_1711031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (459kB)
BAB V_1711031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
DAFTAR PUSTAKA_1711031.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (231kB)
Abstract
INDONESIA:
Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara kecerdasan
emosional dengan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Air Gegas
kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan. Metode penelitian yang
digunakan merupakan metode korelasional, dengan menggunakan analisis
faktoruntuk menvalidasi instrumen kecerdasan emosional. Hasil analisis
SPSS bahwa realibilitas istrumen kecerdasan emosional untuk nilai
Cronbach’s Alpha sebesar 0,868, karena nilai Cronbach’s Alpha ˃ 0,7 maka
variabel kecerdasan emosional dinyatakan reliabel.
Berdasarkan hasil uji Hipotesis dengan menggunakan korelasi product
moment pada penelitian ini dinyatakan signifikan atau terdapat korelasi
diantara variabel X (kecerdasan emosional) dengan variabel Y (prestasi
belajar). Hal ini dapat dilihat dari hasil output SPSS versi 22 yaitu nilai
signifikan menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,000 ˂ 0,05, yang artinya adanya
korelasi (0,824) yang signifikan antara variabel X (kecerdasan emosional)
dengan variabel Y (prestasi belajar).
Keterbatasan dalam penelitian ini dalam proses pengumpulan data,
informasi yang diberikan responden dalam pengisian kuesioner dilakukan
secara online, dan kemungkinan informasi terkadang tidak menunjukkan
pendapat responden yang sebenarnya. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan analisis regresi, karena koefisien korelasi tergolong tinggi (˃ 0,80)
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kecerdasan emosiona; prestasi belajar; analisis faktor. |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 02 Jun 2025 09:01 |
| Last Modified: | 02 Jun 2025 09:01 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3043 |
