Ulandari, Mesiska (2025) Pengaruh harga dan lokasi terhadap minat beli konsumen badan usaha milik desa : studi pada BUMDes Berkah Peradong Kecamatan Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2033043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (894kB) | Request a copy
BAB I_2033043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (248kB) | Request a copy
BAB II_2033043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (218kB) | Request a copy
BAB III_2033043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (290kB) | Request a copy
BAB IV_2033043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (420kB) | Request a copy
BAB V_2033043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (52kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2033043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Harga dan lokasi suatu usaha sangat mempengaruhi keinginan seorang konsumen untuk datang dan berbelanja. Toko yang memiliki harga yang terlalu tinggi dan lokasi yang jauh dari jangkauan konsumen tidak akan diminati untuk dikunjungi. Di desa Peradong Kecamatan Simpang Teritip terdapat toko yang memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan toko ritel sekitarnya dan lokasi yang yang berada diujung perkampungan yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes Berkah Peradong). Disisi lain toko ini juga ramai oleh konsumen. Penelitian ini merupakan studi kasus pada BUMDes Berkah Peradong. Penelitian ini dilakukan guna menguji apakah harga dan lokasi berpengaruh terhapat minat beli konsumen di BUMDes Berkah Peradong.
Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanya 100 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah insidental sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif, uji validitas, uji reabilitas. Analisis statistik inferensial yaitu uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji parsial) menunjukan variabel harga berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada BUMDes Berkah Peradong, dengan nilai thitung 5,226 > ttabel 1,29025 atau nilai signifikansinya sebasar 0,000 < 0,1. Sedangkan variabel lokasi berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada BUMDes Berkah Peradong, dengan nilai thitung 3,553 > ttabel 1,29025 atau nilai signifikansinya sebasar 0,001 < 0,1. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah 0,349. Nilai ini dapat didefinisikan bahwa pengaruh dari variabel independen harga dan lokasi yaitu 36,2%, sedangkan sisanya sebesar 65,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | harga; lokasi; minat beli konsumen |
| Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Akuntansi Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mesiska Ulandari |
| Date Deposited: | 06 May 2025 03:14 |
| Last Modified: | 06 May 2025 03:14 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3033 |
