Tarisa, Tarisa (2025) Pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar afektif mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Angkatan 2021. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (576kB) | Request a copy
BAB II_2111082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (608kB) | Request a copy
BAB III_2111082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (682kB) | Request a copy
BAB IV_2111082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (615kB) | Request a copy
BAB V_2111082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (467kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penggunaan smartphone menjadi permasalahan yang berhubungan dengan proses belajar yang dilaksanakan oleh setiap individu, khususnya mahasiswa. Penggunaan smartphone juga dapat memberikan dampak positif maupun negatif tergantung mahasiswa menggunakannya. Salah satu dampak positif penggunaan smartphone bagi mahasiswa yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar afektif sedangkan salah satu dampak negatif penggunaan smartphone bagi mahasiswa adalah dapat menimbulkan penggunaan smartphone secara berlebihan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar afektif mahasiswa prodi pendidikan agama Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Angkatan 2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengukur penggunaan smartphone dan prestasi belajar afektif mahasiswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui data keberhasilan pembelajaran pada saat penggunaan smartphone. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis meliputi uji korelasi sederhana, uji regresi linier sederhana, uji T, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari output yang diolah melalui SPSS versi 25 diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,585 dan nilai thitung 4,448 > nilai ttabel 1,684 serta nilai signifikansi (sig) yaitu 0,00 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar afektif mahasiswa prodi pendidikan agama Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung angkatan 2021 sebesar 34,2% dan 65,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | penggunaan smartphone; prestasi belajar afektif; mahasiswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Tarisa Tarisa |
| Date Deposited: | 30 Apr 2025 06:14 |
| Last Modified: | 30 Apr 2025 06:14 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3024 |
