Ariska, Ariska (2021) Penerapan metode edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III SD Negeri 16 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
BAB I _1711020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB II _1711020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB III _1711020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (793kB)
BAB IV_1711020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
BAB V _1711020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (307kB)
DAFTAR PUSTAKA_1711020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB)
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan metodeedutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III SD Negeri 16 Mendo Barat tentang kebersihan, 2) Bagaimana hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas III SD Negeri 16 Mendo Barat dengan menerapkan metode Edutainment tentang materi kebersihan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, sumber data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisa data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode edutainment dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas III SD Negeri 16 Mendo Barat. Bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan pengetahuan terhadap peserta didik dalam memahami materi kebersihan seperti mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan anggota tubuh menurut Islam?. Maka, dengan adanya perkembangan tersebut pendidik berusaha untuk merangsang pemikiran peserta didik dalam memahami pelajaran Pendidikan Agama Islam mengenai meteri kebersihan lebih luas lagi. Oleh karena itu, pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang materi kebersihan menggunakan metode edutainment ini berjalan baik, karena dengan metode ini peserta didik merasa lebih menyenangkan dan terhibur.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode pembelajaran; edutainment;Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 04:31 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 04:31 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3017 |
