Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh product knowledge, social influence dan religiusitas terhadap minat pelaku UMKM dalam menggunakan fintech peer to peer lending syariah di Kota Pangkalpinang

Arif, Arif (2025) Pengaruh product knowledge, social influence dan religiusitas terhadap minat pelaku UMKM dalam menggunakan fintech peer to peer lending syariah di Kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2133004.pdf] Text
Halaman Awal_2133004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I_2133004.pdf] Text
BAB I_2133004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2133004.pdf] Text
BAB II_2133004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2133004.pdf] Text
BAB III_2133004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2133004.pdf] Text
BAB IV_2133004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2133004.pdf] Text
BAB V_2133004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2133004.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2133004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Dalam era digital, fintech peer to peer lending syariah menawarkan alternatif pembiayaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan mudah untuk diakses para pelaku UMKM. Namun masih banyak pelaku UMKM yang belum mengetahui dan memanfaatkannya terkhusus di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh product knowledge, social infleunce, dan religiusitas terhadap minat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menggunakan fintech peer to peer lending syariah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling, di mana data dikumpulkan dari pelaku UMKM di Kota Pangkalpinang menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa product knowledge memiliki pengaruh negatif terhadap minat pelaku UMKM dalam menggunakan fintech peer to peer lending Syariah. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya edukasi dan pemahaman tentang produk sebelum memutuskan untuk menggunakan produk, dalam hal ini adalah fintech peer to peer lending syariah. Social influence memilliki pengaruh positif terhadap minat pelaku UMKM dalam menggunakan fintech peer to peer lending syariah. Hal ini menunjukkan kalau lingkungan sekitar pelaku UMKM juga memiliki kontribusi terhadap penentuan keputusan dalam menggunakan produk fintech peer to peer lending syariah. Religiusitas di sini menjadi faktor penting, di mana pelaku UMKM yang memiliki tingkat religiusitas tinggi lebih mengutamakan aspek syariah dalam pengambilan keputusan financial. Terbukti dari penelitian ini religiusitas berpengaruh positif terhadap minat pelaku UMKM dalam menggunakan fintech peer to peer lending syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: product knowledge; social influence, religiusitas; minat; fintech peer to peer lending syariah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Akuntansi Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Arif Arif
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:42
Last Modified: 28 Apr 2025 03:42
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item
View Item