Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh pengetahuan, promosi, dan religiusitas terhadap minat masyarakat bertransaksi di Bank Syariah: Studi kasus masyarakat Desa Nyelanding

Dewanti, Feffi (2025) Pengaruh pengetahuan, promosi, dan religiusitas terhadap minat masyarakat bertransaksi di Bank Syariah: Studi kasus masyarakat Desa Nyelanding. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2031019(1).pdf] Text
Halaman Awal_2031019(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2031019.pdf] Text
BAB I_2031019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2031019.pdf] Text
BAB II_2031019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2031019.pdf] Text
BAB III_2031019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2031019.pdf] Text
BAB IV_2031019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2031019.pdf] Text
BAB V_2031019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2031019.pdf] Text
Daftar Pustaka_2031019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Lembaga keuangan memiliki fungsi sebagai menghimpun dana dan menyalurkan dana, namun banyak masyarakat yang belum mengetahui hal tersebut. Pengetahuan masyarakat mengenai bank syariah dan produk-produknya masih belum banyak mendapatkan sosialisasi sehingga menyebabkan masih ada masyarakat yang belum memahami tentang bank syariah, termasuk masyarakat di Desa Nyelanding yang menjadi lokasi penelitian ini. Melihat kondisi tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, promosi, dan religiusitas baik secara parsial maupun simultan terhadap minat masyarakat Desa Nyelanding bertransaksi di bank syariah.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Nyelanding yang berjumlah 5.266 jiwa dan diambil sampel sebanyak 99 responden berdasarkan hasil perhitungan rumus Slovin. Sedangkan untuk untuk pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Pengelolaan data pada penelitian ini menggunakan alat bantu software SPSS versi 22.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengetahuan (X1) berpengaruh positif terhadap minat masyarakat bertransaksi (Y) di bank syariah, dengan nilai thitung 9.702 > ttabel 1.985. Secara parsial variabel promosi (X2) berpengaruh positif terhadap minat masyarakat bertransaksi (Y) di bank syariah, dengan nilai thitung 4.484 > ttabel 1.985. Secara parsial religiusitas (X3) berpengaruh negatif terhadap minat masyarakat bertransaksi (Y) di bank syariah dengan nilai thitung -3,104 > ttabel 1,985. Adapun secara simultan variabel pengetahuan, promosi, dan religiusitas berpengaruh positif terhadap minat masyarakat bertransaksi di bank syariah, dapat dilihat dari nilai fhitung (55,268) > ftabel (2,70). Nilai koefisien determinasi dapat diketahui bahwa R Square (R2) adalah 0,636 atau 63,6%, melnunjukkan bahwa besarnya pengaruh varilabell pelngeltahuan, promosil, dan rellilgilusiltas telrhadap milnat belrtransaksi sebesar 63,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengetahuan; promosi; religiusitas; minat bertransaksi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Feffi Dewanti
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:19
Last Modified: 24 Apr 2025 08:19
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item
View Item