Ramadita, Resti (2025) Penerapan penanaman nilai-nilai moderasi beragama di Smp Negeri 1 Merawang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam NegeriSyaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011171.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_2011171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (316kB) | Request a copy
BAB II_211171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (407kB) | Request a copy
BAB III_211171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (171kB) | Request a copy
BAB IV_2011171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_211171..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (53kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA__211171..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penerapan penanaman nilai moderasi beragama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merawang memiliki siswa yang berbeda latar belakang agama tujuan moderasi beragama untuk menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik secara nyata melalui kegiatan -kegiatan yang ada disekolah sehari-hari dan dapat tercapai sesuai harapan.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif research dengan menggunakan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. di harapkan peneliti dapat lebih leluasa dalam memahami mengamati dan melakukan penelaahan lebih akurat berkenaan dengan moderasi beragama dalam pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Penerapan penanaman nilai-nilai moderasi beragama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merawang di lakukan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan melalui nilai beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, berkhebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pengetahuan sebagai bentuk, dari proses penguatan karakter dan kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar 2). Nilai-nilai moderasi beragama yang ada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merawang yaitu komitmen kebangsaan (muwatnah), Toleransi (Tasamuh), Anti kekerasan (Al-la 'Unf) Akomodatif terhadap budaya lokal (I'tiraf bil Urf).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | penerapan ; penanaman nilai-nilai moderasi beragama |
| Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Resti Ramadita |
| Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:00 |
| Last Modified: | 22 Apr 2025 03:00 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2975 |
