Cindy, Cindy (2025) Strategi pembelajaran guru PAI di SMP/Mts se-Kecamatan Pangkalanbaru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011168.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (555kB) | Request a copy
BAB II_2011168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (597kB) | Request a copy
BAB III_2011168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (423kB) | Request a copy
BAB IV_2011168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2011168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (276kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011168.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (488kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adanya sebagian guru ysng kurang pemahaman untuk untuk menentukan bagaimana strategi mengajar yang efektif dan tepat dalam proses pembelajaran. Maka dari itu guru perlu memahami karakteristik siswa dan memilih strategi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Maka dari itu, penting bagi guru untuk mengetahui strategi mengajar yang efektif agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran guru PAI di SMP/MTs se-Kecamatan Pangkalanbaru.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu memberikan laporan atas hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan memaparkan data-data yang diperoleh mengenai strategi pembelajaran guru PAI di SMP/MTs se- Kecamatan Pangkalanbaru.. Sumber data penelitian yang diperoleh adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang guru PAI SMP 1 Pangkalanbaru, dua orang guru PAI SMP 3 Pangkalanbaru, dan empat orang ustadz/ustadzah MTs Nurul Falah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa bahwa strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran heuristik, strategi pembelajaran berkelompok, strategi pembelajaran student centre, dan strategi pembelajaran deduktif-induktif menjadi strategi pembelajaran yang saling berkaitan dan juga menjadi strategi pembelajaran yang dominan yang digunakan oleh guru PAI di SMP/MTs se- Kecamatan Pangkalanbaru. Sedangkan strategi pembelajaran individual dan strategi pembelajaran menggunakan media elektronik menjadi strategi yang tidak dominan digunakan oleh guru-guru PAI yang ada di Kecamatan Pangkalanbaru..
Hal ini dikarenakan karena perlu keterlibatan siswa agar pembelajaran dapat berjalan secara maksimal, sehingga diantara beberapa strategi pengajaran yang dominan ini saling berkaitan. Selain itu keefektifan dalam penerapan strategi ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Keterbatasan failitas sekolah dan kemampuan siswa SMP/MTs yang berbeda-beda yang masih butuh bimbingan dan arahan dalam proses belajar-mengajar menjadi faktor pertimbangan oleh guru PAI untuk dapat menerapkan beberapa strategi pengajaran tersebut secara optimal.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi pembelajaran; guru; pendidikan agama Islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Cindy Cindy |
| Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:29 |
| Last Modified: | 22 Apr 2025 02:29 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2974 |
