Grisantina, Andra (2025) Pengaruh sertifikasi halal terhadap minat dalam membeli produk keripik tempe pelangi: studi pada masyarakat Kecamatan Pemali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1831017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1831017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (143kB) | Request a copy
BAB II_1831017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (604kB) | Request a copy
BAB III_1831017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (336kB) | Request a copy
BAB IV_1831017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (429kB) | Request a copy
BAB V_1831017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (82kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1831017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (131kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan UMKM sangat tergantung bagaimana pelaku usaha tersebut bisa memasarkan produk yang dimilikinya dalam mempengaruhi pembeli untuk membeli produk yang dipasarkan. Pertimbangan orang saat memilih produk ada beberapa hal, diantaranya adalah kualitas produk, sertifikasi halal, nilai barang, harga, testimoni, dan tidak lupa minat beli produk itu sendiri. Salah satu faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk menarik masyarakat meningkatkan minat beli yaitu lebih memperhatikan sertifikasi halal dan kualitas produk dalam proses pembuatan maupun pengemasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal terhadap minat dalam membeli produk keripik tempe pelangi (studi pada masyarakat Kecamatan Pemali).
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data primer. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31.814 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampel random sampling dan penentuan sampel menggunakan rumus taro Yamane atau Slovin,sebanyak 395 responden. Dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji hipotesis. Data yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi halal tidak berpengaruh positif dan signifikansi terhadap minat beli produk keripik tempe pelangi di
Kecamatan Pemali dengan thitung (1,585) < ttabel (1,966034), sehingga H0 diterima dan H1 ditolak dengan nilai signifikansi sebesar (0,114). Namun, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikansi terhadap minat beli produk keripik tempe pelangi di Kecamatan Pemali dengan thitung (7,545) > ttabel (1,966034), sehingga H0 ditolak dan H2 diterima dengan nilai signifikansi sebesar (0,000). Secara simultan sertifikasi halal dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli produk keripik tempe pelangi di Kecamatan Pemali dengan nilai Fhitung (37,186) > Ftabel (3,018743), sehingga H0 ditolak dan H3 diterima atau jika melihat nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | sertifikasi halal; kualitas produk; minat beli |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Andra Grisantina |
| Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:24 |
| Last Modified: | 17 Apr 2025 06:24 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2958 |
