Khodori, Khodori (2025) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dari keluarga broken home di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (499kB) | Request a copy
BAB II_2011015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (826kB) | Request a copy
BAB III_2011015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (609kB) | Request a copy
BAB IV_2011015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (288kB) | Request a copy
BAB V_2011015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (122kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Permasalahan yang terjadi di SMP N 3 Pangkalanbaru yaitu kurangnya motivasi belajar pada mata pelajaran pendiddikan agama islam sehingga terdapat prestasi akademik yang rendah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu, pertama untuk mengetahui bagaimana kondisi motivasi belajar siswa keluarga broken home di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tekhnik pengumpulan data dengan angket, dan dokumentasi hasil ujian akhir semester serta dilakukan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tekhnik purposive sampling, dimana sampel yang dipilih berdasarkan kriteria siswa di SMP N 3 Pangkalanbaru yaitu siswa yang kriteria broken home dengan sampel penelitian berjumlah 32 siswa. Dengan melakukan teknik pengukuran dengan skala kategori (tinggi, sedang, dan rendah) menggunakan tekhnik analisis deskriptif, analisis presentase, dan analisis interpreatif.
Hasil dari penelitian Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa sebagian besar siswa dari keluarga broken home memiliki motivasi belajar dalam kategori sedang dengan presentase 72% dengan frekuensi 23 orang. Namun terdapat juga beberapa siswa yang tetap memiliki motivasi belajar tinggi dengan presentase 12% dengan frekuensi 4 orang, kemungkinan karena dukungan dari guru, lingkungan yang positif, atau faktor kepribadian yang kuat. Sebaliknya, siswa dengan motivasi belajar rendah dengan presentase 16% dengan frekuensi 5 orang, umumnya mengalami kurangnya perhatian dari orang tua, tekanan psikologis, dan minimnya dukungan sosial.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | motivasi belajar siswa; keluarga broken home |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Khodori . |
| Date Deposited: | 16 Apr 2025 04:28 |
| Last Modified: | 16 Apr 2025 04:28 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2954 |
