Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Analisis nilai-nilai moderasi beragama pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas VIII kurikulum merdeka

Septiawan, Muhamad Kiki (2025) Analisis nilai-nilai moderasi beragama pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas VIII kurikulum merdeka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awwal_2111067.pdf] Text
Halaman Awwal_2111067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2111067.pdf] Text
BAB I_2111067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111067.pdf] Text
BAB II_2111067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111067.pdf] Text
BAB III_2111067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111067.pdf] Text
BAB IV_2111067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111067.pdf] Text
BAB V_2111067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2111067.pdf] Text
Daftar Pustaka_2111067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Islam sebagai agama Rahmatan Lil ‘Alamin dalam penerapannya masih banyak mengalami kendala seperti Intoleran, Fanatisme baik antar umat beragama maupun antar umat Islam itu sendiri masih sering terjadi. Moderasi Beragama hadir untuk mengatasi itu semua dan wajib diimplementasikan dalam pembelajaran di Sekolah salah satu caranya yaitu melalui buku ajar. Nilai-nilai Moderasi Beragama dibuat untuk menciptakan keseimbangan dalam kehidupan beragama, memperkuat toleransi, dan mengurangi potensi konflik antar sesama agama maupun umat beragama. Penanaman nilai-nilai Moderasi Beragama kepada peserta didik dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai Moderasi Beragama ke dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis muatan nilai-nilai Moderasi Beragama dan bagaimana nilai-nilai Moderasi Beragama di narasikan dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII Kurikulum Merdeka.

Penelitian ini menggunakan metode analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VIII. Unit analisis dalam penelitian ini adalah muatan nilai I’tidal (Tegak Lurus), Qudwah (Kepeloporan), Tawasuth (Pertengahan), dan Tasamuh (Toleransi) yang tersebar dalam semua bagian buku. Pengumpulan data dengan analisis secara cermat dan pencatatan tentang muatan nilai Moderasi Beragama yang ada dalam buku teks.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan nilai-nilai Moderasi Beragama dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VIII Kurikulum Merdeka disajikan pada tiga bagian yaitu (1) pada bagian pendahuluan terdiri atas kalimat motivasi pada bagian Mari Bertafakur dan ilustrasi gambar. (2) bagian inti terdiri atas uraian materi pada bagian Talab Al-Ilmi, Gambar, Tugas individu, dan Tugas kelompok (3) bagian penutup terdiri atas, Rangkuman, Inspirasiku, Aku Pelajar Pancasila, dan Selangkah lebih maju

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: analisis; nilai-nilai moderasi beragama; buku ajar pendidikan agama islam; budi pekerti
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan
Depositing User: Esti Kurniawati
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:40
Last Modified: 19 Mar 2025 04:40
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item
View Item