Rahmadini, Uci (2025) Strategi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an di SMP IT Pondok Tahfidzh Qur'an Permis tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
![[thumbnail of Halaman Awal_2111137.pdf]](http://repository.iainsasbabel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal_2111137.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (767kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I_ 2111137.pdf]](http://repository.iainsasbabel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_ 2111137.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (233kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB II_ 2111137.pdf]](http://repository.iainsasbabel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II_ 2111137.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III_ 2111137.pdf]](http://repository.iainsasbabel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_ 2111137.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (134kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB IV_2111137.pdf]](http://repository.iainsasbabel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_2111137.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (372kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V_2111137.pdf]](http://repository.iainsasbabel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_2111137.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (103kB) | Request a copy
![[thumbnail of Daftar Pustaka_2111137.pdf]](http://repository.iainsasbabel.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka_2111137.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Menghafal Al-Qur’an menjadi salah satu aspek penting dalam pendidikan di pondok pesantren. Dalam praktiknya, menghafal Al-Qur’an bukanlah tugas yang mudah. Proses menghafal yang membutuhkan ketekunan, kesabaran dan disiplin tinggi seringkali menjadi tantangan bagi para peserta didik atau santri di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dan mengetahui hambatan apa yang dihadapi dalam strategi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMP IT Pondok Tahfidzh Qur’an Permis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display dan conclusion drawing/verification (menarik kesimpulan). Responden penelitian ini adalah guru tahfidzh yaitu sebanyak lima (5) guru dan peserta didik SMP IT Pondok Tahfidzh Qur’an Permis kelas delapan yang berjumlah 86 siswa.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Pondok Psantren SMP IT Permis yaitu belajar dalam kelompok, pendekatan holistik dan pendekatan emosional dan spiritual. Sedangkan hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an yaitu bahwa peserta didik belum memiliki kemampuan yang baik dalam membaca maupun menghafal Al-Qur’an. selain itu juga memerlukan waktu yang cukup lama dalam meningkatkan hafalan ditengah waktu peserta didik yang padat, peserta didik sulit diajak untuk bekerjasama dan adanya ketidakseriusan dalam menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi; pembelajaran interaktif; menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Uci Rahmadini |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 07:15 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 07:15 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2910 |