Wardana, Agus (2021) Pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar peserta didik pelajaran Fiqih kelas VIII di MTS Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, nstitut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_1711009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (537kB)
BAB II_1711009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (421kB)
BAB III_1711009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (678kB)
BAB IV_1711009.pdf
Download (392kB)
BAB V _1711009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
DAFTAR PUSTAKA_1711009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji antara pengaruh pembelajaran e- learning dengan hasil belajar peserta didik pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri Pangkalpinang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Teknik pengambilan data pada variabel pembelajaran e-learning yaitu dengan menggunakan angket (kuisioner), dan variabel hasil belajar yang di ambil dari hasil raport peserta didik pelajaran fiqih kelas VIII tahun 2020/2021.
Adapaun proses analisis data pada penelitian ini dimulai dengan uji coba instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas angket yang valid dan reliabel. Hasil analisis SPSS versi 25 bahwa reliabilitas instrumen pembelajaran e-learning untuk nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,941, dengan perbandingan nilai Cronbach’s Alpha > 0.6 maka variabel pembelajaran e- learning dinyatakan reliabel.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (pembelajaran e-learning) terhadap variabel Y (hasil belajar) peserta didik mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTS Negeri 1 Pangkalpinang. Hasil analisis data memperoleh thitung sebesar 4,149,
sedangkan ttabel yakni dengan N=58 dengan taraf signifikan 0.05 yaitu 1,672. Berarti thitung>ttabel yakni 4,149>1,672, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil persamaan regresi linier sederhana yaitu Y=92,221 + 0,107 X bernilai negatif, maka disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning kurang memadai, apabila pelaksanaan pembelajaran e-learning semakin baik maka akan meningkatkan hasil belajar peserta mata pelajaran fiqih.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pembelajaran e-learning; hasil belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 12 Mar 2025 05:11 |
| Last Modified: | 12 Mar 2025 05:11 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2897 |
