Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam praktik moderasi beragama di SMP Bakti Parittiga Kabupaten Bangka Barat

Zakiah, Ervi Nurul (2025) Nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam praktik moderasi beragama di SMP Bakti Parittiga Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2111044.pdf] Text
Halaman Awal_2111044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2111044.pdf] Text
BAB I_2111044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111044.pdf] Text
BAB II_2111044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111044.pdf] Text
BAB III_2111044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111044.pdf] Text
BAB IV_2111044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111044.pdf] Text
BAB V_2111044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka _2111044.pdf] Text
Daftar Pustaka _2111044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam praktik moderasi beragama di SMP Bakti Parittiga Kabupaten Bangka Barat. Adapun tujuannya adalah; pertama, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan agama Islam yang telah diterapkan di SMP Bakti Parittiga Kabupaten Bangka Barat. Kedua, untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam tersebut dalam praktik moderasi beragama di SMP Bakti Parittiga Kabupaten Bangka Barat. Ketiga, untuk mengatahui faktor pendukung dalam penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam praktik moderasi beragama di SMP Bakti Parittiga Kabupaten Bangka Barat.

Sedangkan jenis penelitian adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu display data, verification dan kesimpulan

Hasil penelitian bahwa nilai-nilai tersebut diantaranya adalah a) nilai akidah, meliputi ketakwaan, keimanan, kesabaran, tawakal. b) nilai akhlak meliputi sopan santun dermawan, suka rela, gotong royong peduli. c) nilai amanah meliputi kejujuran, tanggung jawab, disiplin dan sesuai amaliyahnya. d) nilai toleransi meliputi menghargai hak sesama, bergaul dengan baik antar peserta didik semua agama, menghormati perbedaan kepercayaan, hari raya agama dan semua etnis, peka kepada kebutuhan semua peserta didik tanpa membedakan agamanya. Kemudian penerapannya pada kegiatan pendidikan dan pembelajaran seperti pembelajaran materi moderasi beragama baik dalam kelas dan di luar kelas, pada praktik ibadah masing- masing agama, dalam bergaul antar sesame tanpa membedakan agama, saling membantu dalam bentuk pemberian infaq, kegiatan hari besara agama dan dalam bentuk kegiataan organisasi sekolah seperti PHBI. Sedangkan faktor pendukungnya dari kepala sekolah, orang tua, komunitas agama local dan dukungan pembelajaran dengan materi-materi moderasi beragama. Semua faktor pendukung tersebut memberikan pengaruh yang cukup baik dalam menjaga toleransi dari kebaragaman latar belakang agama peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: nilai-nilai; pendidikan agama Islam; moderasi beragama
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ervi Nurul Zakiah
Date Deposited: 12 Mar 2025 02:04
Last Modified: 12 Mar 2025 02:04
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item
View Item