Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Korelasi antara minat membaca buku pelajaran dengan keaktifan peserta didik di kelas pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VII MTS An- Najah Paya Benua

Awaludin, Adji (2021) Korelasi antara minat membaca buku pelajaran dengan keaktifan peserta didik di kelas pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VII MTS An- Najah Paya Benua. Undergraduate thesis, nstitut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1611069.pdf] Text
Halaman Awal_1611069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_ 1611069.pdf] Text
BAB I_ 1611069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB II_ 1611069.pdf] Text
BAB II_ 1611069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of BAB III_ 1611069.pdf] Text
BAB III_ 1611069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB IV_ 1611069.pdf] Text
BAB IV_ 1611069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of BAB V_1611069.pdf] Text
BAB V_1611069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)

Abstract

Minat membaca merupakan suatu kegiatan dalam membaca yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapatkan suatu informasi terhadap suatu teks, minat baca merupakan suatu kecendrungan seseorang terhadap kegiatan membaca sehingga ia akan mengulangi kegiatan tersebut tanpa paksaan. Berdasarkan observasi di kelas VII A dan B MTS An-Najah Paya Benua, minat baca buku pelajaran Al-Qur’an Hadis terbilang rendah itu terlihat dari keinginan mereka membaca buku pelajaran baik sebelum pembelajaran ataupun dirumah serta dari kunjungan mereka ke perpustakaan dari bulan maret sampai dengan februari hanya dua orang yang meminjam buku Al-Qur’an Hadis untuk dibaca. Keaktifan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara giat dan penuh semangat, dimana keaktifan ini bisa dibagi dengan keaktifan mendengar, menulis, bertanya, serta menjawab. Pada observasi di kelas VII MTS An-Najah Paya Benua, keaktifan peserta didik bisa dikatakan rendah, dimana nilai tertinggi untuk keaktifan peserta didik dalam 10 pertemuan sebesar 60 dan terendah sebesar 50. Dalam proses pembelajarannya sedikit peserta didik yang terlibat aktif baik itu untuk bertanya ataupun menjawab.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Minat baca dan keaktifan peserta didik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Jumlah sampel 40 responden. Karena menurut arikuntoro jika populasi tidak sampai 100 maka diambil semuanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner minat baca dan metode dokumentasi yaitu dokumen nilai keaktifan peserta didik di setiap pertemuan pada pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VII MTS An-Najah Paya Benua.
Berdasarkan uji pearson correlation menggunakan program SPSS
16 didapati bahwa nilai Sig.(2-tailed) adalah 0.665 < 0,05. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Tingkat sumbangsi variabel minat baca buku pelajaran terhadap keaktifan peserta didik sebesar 47,74% yang didapat dari r2 X 100, sedangkan sisanya 52,56% merupakan sumbangsi dari variabel lain diluar variabel minat baca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: minat membaca dan keaktifan peserta didik
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:10
Last Modified: 12 Mar 2025 03:10
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item
View Item