Aulia, Haedista Anggi (2025) Pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat menabung di bank syariah : Studi pada masyarakat Desa Aik Pelempang Jaya Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2131082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (554kB)
BAB I_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (280kB)
BAB II_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB)
BAB III_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (396kB)
BAB IV_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (393kB)
BAB V_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (106kB)
Daftar Pustaka_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat menabung di Bank Syariah pada masyarakat Desa Aik Pelempang Jaya Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Pengetahuan tentang produk dan jasa Bank Syariah serta promosi yang efektif dapat meningkatkan minat menabung Masyarakat. Populasi penelitian ini berjumlah 5.598 dengan menggunakan rumus slovin diperoleh 400 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi, peneliti menyebar kuesioner langsung kepada responden.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS versi 4. Hasil pengolahan data diketahui bahwa secara parsial variabel Pengetahuan memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,491, P-value 0,00 (< 0,05), dan T-statistik sebesar 6,321 (> 1,96). Artinya, pengetahuan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat menabung di Bank Syariah. Variabel promosi juga berpengaruh signifikan, memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,413, P-value 0,00 (< 0,05), dan T-statistik sebesar 6,165 (> 1,96). Artinya, Promosi berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat menabung di Bank Syariah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pengetahuan; promosi; minat menabung; bank syariah |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Esti Kurniawati |
| Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:35 |
| Last Modified: | 11 Mar 2025 03:35 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2886 |
