Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat menabung di bank syariah : Studi pada masyarakat Desa Aik Pelempang Jaya Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung

Aulia, Haedista Anggi (2025) Pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat menabung di bank syariah : Studi pada masyarakat Desa Aik Pelempang Jaya Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2131082.pdf] Text
Halaman Awal_2131082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (554kB)
[thumbnail of BAB I_2131082.pdf] Text
BAB I_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[thumbnail of BAB II_2131082.pdf] Text
BAB II_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB III_2131082.pdf] Text
BAB III_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB IV_2131082.pdf] Text
BAB IV_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[thumbnail of BAB V_2131082.pdf] Text
BAB V_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_2131082.pdf] Text
Daftar Pustaka_2131082.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)

Abstract

INDONESIA :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat menabung di Bank Syariah pada masyarakat Desa Aik Pelempang Jaya Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Pengetahuan tentang produk dan jasa Bank Syariah serta promosi yang efektif dapat meningkatkan minat menabung Masyarakat. Populasi penelitian ini berjumlah 5.598 dengan menggunakan rumus slovin diperoleh 400 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi, peneliti menyebar kuesioner langsung kepada responden.

Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS versi 4. Hasil pengolahan data diketahui bahwa secara parsial variabel Pengetahuan memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,491, P-value 0,00 (< 0,05), dan T-statistik sebesar 6,321 (> 1,96). Artinya, pengetahuan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat menabung di Bank Syariah. Variabel promosi juga berpengaruh signifikan, memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,413, P-value 0,00 (< 0,05), dan T-statistik sebesar 6,165 (> 1,96). Artinya, Promosi berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat menabung di Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengetahuan; promosi; minat menabung; bank syariah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Esti Kurniawati
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:35
Last Modified: 11 Mar 2025 03:35
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item
View Item