Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh promosi, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap minat beli masyarakat pada aplikasi TikTok Shop

Wulandari, Fitria (2025) Pengaruh promosi, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap minat beli masyarakat pada aplikasi TikTok Shop. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2133003.pdf] Text
Halaman Awal_2133003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2133003.pdf] Text
BAB I_2133003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2133003.pdf] Text
BAB II_2133003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2133003.docx] Text
BAB III_2133003.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2133003.pdf] Text
BAB IV_2133003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2133003.pdf] Text
BAB V_2133003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2133003.pdf] Text
Daftar Pustaka_2133003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Indonesia mengalami pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat. Perkembangan teknologi telah mengubah kebutuhan masyarakat dan banyak aspek kehidupan manusia. Salah satu jenis kemajuan teknologi ini adalah internet, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan berbisnis. Muncul fenomena perubahan pola masyarakat yang dahulu berbelanja pada tepat pembelanjaan namun sekarang berubah menjadi efesien dengan adanya kegiatan bisnis online, atau sering disebut e-commerce. Salah satu e-commerce yang diangkat pada penelitian ini adalah Tiktok Shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari promosi, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap minat beli pada aplikasi Tiktok Shop.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan simple random sampling, dimana sampel yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan melalui kuesioner online yang dibuat menggunakan Google Form dan disebarkan melalui media sosial yang menghasilkan sampel berjumlah 77 responden yang merupakan masyarakat Kota Pangalpinang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli. Hal ini menunjukkan bahwa promosi pada aplikasi tiktok shop belum cukup baik untuk menarik minat beli masayarakat. Kemudahan Pengunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hal ini menunjukkan bahwa semakin mudah suatu aplikasi dapat dipahami, maka masyarakat akan terus menggunakannya serta merekomendasikannya. Kepercayaan pada penelitian ini menunjukkan hasil berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya kepercayaan konsumen dalam menggunakan suatu aplikasi maka minat beli juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: promosi; kemudahan penggunaan; kepercayaan; minat beli; tiktok shop
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Akuntansi Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Fitria Wulandari
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:30
Last Modified: 05 Mar 2025 04:30
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2871

Actions (login required)

View Item
View Item