Annisa, Rifdah (2024) Pengaruh pembinaan moderasi beragama terhadap perilaku moderat peserta didik di SMA Negeri 3 Pangkal Pinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (284kB)
BAB I_1911149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (82kB) | Request a copy
BAB II_1911149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (115kB) | Request a copy
BAB III_1911149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (133kB) | Request a copy
BAB IV_1911149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB) | Request a copy
BAB V_1911149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (24kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (31kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Telah terbentuknya perilaku moderasi beragama pada peserta didik di SMA Negeri 3 Pangkalpinang dan terdapatnya pembinaan dari sekolah terkait moderasi beragama, hal ini menjadi tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pembinaan moderasi beragama terhadap perilaku moderat peserta didik di SMA Negeri 3 Pangkalpinang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif korelasional (associational research) dengan menggunakan metode survei. Populasi sejumlah 1014 peserta didik diseleksi dengan metode Simple Random Sampling dan mengunakan rumus Taro Yamane menghasilkan 91 sampel. Metode pengumpulan data berupa kuesioner/angket dan skala likert yang menghasilkan 29 butir soal untuk variabel X dan 9 butir soal untuk variabel Y.
Analisis data penelitian meliputi uji validitas, reabilitas, uji prasyarat analisa data dengan tahapan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, dan pembahasan/analisis lanjutan. Dari hasil tersebut diketahui 62,6% responden perempuan dan 37,4% laki-laki dengan 95,6% beragama islam, 3,3% beragama kristen protestan dan 1,1% beragama kristen katolik. Variabel bersifat normal dengan nilai signifikan sebesar 0,145 > 0,05. Penelitian bersifat linear dengan nilai nilai sig. linearity adalah 0,00 < 0,05 serta dengan melihat hasil uji T dengan t-hitung 14,793 > t-tabel 1,662 dan uji F dengan F-hitung 218,827 > F-tabel 3,949. Hipopetis diterima dengan nilai r hitung 0,843 > r tabel 0,1735. Besarnya hubungan variabel X terhadap variabel Y dapat dilihat pada nilai koefisien determinasi (R square) pada tabel model summary sebesar 71,1%.Hal ini memiliki artian bahwa terdapat pengaruh bersifat kuat pembinaan moderasi beragama di sekolah terhadap perilaku moderat peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pembinaan moderasi beragama; perilaku moderat |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Rifdah Annisa |
| Date Deposited: | 30 Jan 2025 05:19 |
| Last Modified: | 30 Jan 2025 05:20 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2841 |
