Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pemanfaatan media pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 5 Bakam

Irham, Muhammad (2024) Pemanfaatan media pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 5 Bakam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Skaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011132 (1).pdf] Text
Halaman Awal_2011132 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (761kB)
[thumbnail of BAB I_2011132.pdf] Text
BAB I_2011132.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011132.pdf] Text
BAB II_2011132.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011132.pdf] Text
BAB III_2011132.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011132.pdf] Text
BAB IV_2011132.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011132.pdf] Text
BAB V_2011132.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSAKA_2011132.pdf] Text
DAFTAR PUSAKA_2011132.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Media pembelajaran yang tepat untuk mendukung kurikulum merdeka tentunya harus mendukung optimalisasi penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka perlu adanya kreativitas dan kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dan juga bagaimana pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 5 Bakam.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Sumber data meliputi data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi (penarikan kesimpulan).

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pertama, implementasi kurikulum merdeka sudah diterapkan di SD Negeri 5 Bakam pada semua kelas. Mulai dari perancangan, pelaksanaan dan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga tahap implementasi tersebut baik itu perancangan, pelaksanaan maupun evaluasi sudah dilaksanakan dengan baik di SD Negeri 5 Bakam. Kedua, pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi kurikulum merdeka berupa media visual, media audio, media audiovisual. Pemanfaatan media pembelajaran memiliki peran penting dalam mendukung tercapainya pembelajaran yang lebih kreatif, kontekstual dan fleksibel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pemanfaatan media pembelajaran; implementasi kurikulum merdeka
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Muhammad Irham
Date Deposited: 23 Jan 2025 06:24
Last Modified: 23 Jan 2025 06:24
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item
View Item