Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi konseling Individu dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap siswa di SMA Negeri 1 Mendo Barat

Suci, Suci (2024) Implementasi konseling Individu dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap siswa di SMA Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2021046.pdf] Text
Halaman Awal_2021046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2021046.pdf] Text
BAB I_2021046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2021046.pdf] Text
BAB II_2021046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2021046.pdf] Text
BAB III_2021046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2021046.pdf] Text
BAB IV_2021046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2021046.pdf] Text
BAB V_2021046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2021046.pdf] Text
Daftar Pustaka_2021046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Bimbingan dan konseling merupakan bagian yang penting dalam pelaksanaan program Pendidikan. Salah satu tujuan utama layanan bimbingan dan konseling untuk membentuk siswa menjadi individu yang berkembang, optimal, produktif, dan berbudaya. Salah satu layanan yang ada dalam bimbingan dan konseling adalah layanan konseling individu. Konseling merupakan suatu layanan yang bersifat kuratif dan banyak menggunakan keterampilan dan Teknik dalam membantu konselinya menyelesaikan masalahnya. Pelayanan bimbingan dan konseling untuk sekolah menengah atas merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan peserta didik yang lebih mantap. Hal diatas senada dengan ungkapan yang disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bahwasannya terdapat lima hal yang melatar belakangi perlunya layanan bimbingan di sekolah yakni: (1) masalah kebutuhan individu; (2) masalah perbedaan individu; (3) masalah kebutuhan individu; (4) masalah penyesuaian diri dan kelainan tingkah laku; (5) masalah belajar.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Implementasi Konseling individu dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Mendo Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini adalah Guru BK, Wali Kelas, dan 3 Siswa XII.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konseling Individual yang dirancang dengan baik dan dilakukan secara kalaboratif oleh guru, wali kelas, dan konselor sekolah sangat efektif dalam meningkatkan keinginan siswa untuk belajar. Melalui konseling, siswa dapat mengatasi masalah pribadi yang memengaruhi keinginan mereka untuk belajar, membuat kebiasaan belajar yang lebih baik, dan menerima dukungan emosional dari guru dan orang tua mereka. Setelah sesi konseling, kebutuhan siswa diidentifikasi melalui observasi dan diskusi dikelas. Jika motivasi siswa masih rendah, Tindakan lanjut dilakukan. Siswa merasa lebih percaya diri, berdaya, dan termotivasi untuk mencapai tujuan akademik mereka jika metode pengajaran disesuiakan dengan kebutuhan mereka dan lingkungan belajar yang positif dan bebas tekanan diciptakan. Dengan dukungan konseling yang tepat, motivasi dan prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: konseling individu; motivasi belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Kesejahteraan sosial, layanan sosial, bantuan sosial, konseling sosial, bimbingan sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Suci Suci
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:45
Last Modified: 17 Jan 2025 07:45
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2826

Actions (login required)

View Item
View Item