Suciarmi, Mispi (2024) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (6MB)
BAB I_1811119.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (402kB) | Request a copy
BAB II_1811119.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (479kB) | Request a copy
BAB III_1811119.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (210kB) | Request a copy
BAB IV_1811119.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (285kB) | Request a copy
BAB V_1811119.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (192kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811119.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (310kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Muhammad Al-Fatih adalah Sultan Daulah Utsmani ke -7 dalam sisilah keturunan keluarga Utsman. Muhammad II memiliki gelar Al-Fatih dan Abu Al-Akhirat. Sejak diumur yang masih belia, Muhammad Al-Fatih sudah mendapatkan pelajaran tentang nilai-nilai keislaman dari orang tuanya yakni Sultan Murad II. Selain ayahandanya beiau juga memiliki guru yang memiliki peran penting dalam terciptanya karakter beliau yaitu Syaikh Aaq Syamsuddin, Dari didikan Syaikh Aaq Syamsuddin, Muhammad Al-Fatih tumbuh menjadi pribadi yang memiliki keteguhan hati, pemberani, kecerdasan dalam menghadapi permasalahan yang ada, Muhammad Al-Fatih juga memiliki tekad yang kuat, adil dalam memutuskan perkara, ikhlas dalam berprilaku hingga memiliki kecintaan kepada Ilmu pengetahuan. Dari kepribadian-kepribadian tersebut Sultan Muhammad Al-Fatih memiliki nilai plus sehingga namanya tertulis dalam sejarah sebagai pemimpin yang bisa menaklukkan kota Konstantinopel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dalam riset pustaka, sumber perpustakaan dimanfaatkan untuk memperoleh data penelitiannya. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Muhammad Al Fatih 1453, Peneliti temukan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdiri dari a) nilai aqidah atau tauhid yang berarti konsep Islam yang menyatakan keesaan kepada Allah Swt, dalam bentuk perbuatan-perbuatan yang dilakukan dengan menghambakan diri hanya kepada Allah Swt, tiada tuhan yang patut disembah kecuali Allah Swt. Meyakininya dengan niat serta mengikrarkan melalui perbuatan dan melaksanakannya sesuai dengan perintah-Nya. b) Nilai pendidikan akhlak meliputi : Tawakal, jujur, sabar, syukur, mandiri, tawadhu, tasamuh, ta’awun.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pendidikan; islam; Muhammad Al-fatih |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.7 Dakwah dan Perkembangan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mispi Suciarmi |
| Date Deposited: | 14 May 2025 02:01 |
| Last Modified: | 14 May 2025 02:01 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2823 |
