Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh konseling kelompok menggunakan pendekatan gestalt untuk mengatasi kecemasan peserta didik menghadapi ujian praktik di SMK Negeri 1 Sungaiselan

Oktaviani, Widia (2024) Pengaruh konseling kelompok menggunakan pendekatan gestalt untuk mengatasi kecemasan peserta didik menghadapi ujian praktik di SMK Negeri 1 Sungaiselan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1915083.pdf] Text
Halaman Awal_1915083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1915083.pdf] Text
BAB I_1915083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1915083.pdf] Text
BAB II_1915083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1915083.pdf] Text
BAB III_1915083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1915083.pdf] Text
BAB IV_1915083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1915083.pdf] Text
BAB V_1915083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1915083.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1915083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan di SMK Negeri 1 Sungaiselan yang menunjukkan bahwa cukup banyak peserta didik yang mengalami kecemasan menghadapi ujian praktek. Permasalahan tersebut didasarkan pada laporan guru BK maupun guru mata pelajaran bahwa masih banyak peserta didik yang mengalami kecemasan menghadapi ujian praktik. Dalam hal ini Kecemasan menghadapi ujian menjadi penghambat belajar yang menggangu kinerja fungsi-fungsi psikologis seseorang seperti konsentrasi, takut, akan kegagalan, pembentukan konsep dan pemecahan masalah. Penelitian ini mengunakan Konseling kelompok dengan gestalt bertujuan untuk membantu peserta didik mencapai kesadaran tentang apa yang mereka rasakan dan lakukan, memahami kenyataan serta bertanggungjawab terhadap pilihannya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan dengan metode eksperimen dengan desain (One-Group Pretest-Posttest Designs). Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMK kelas XI kecamatan Sungaiselan yang berjumlah 54 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling di mana sampel berjumlah 12 peserta didik yang diambil dari peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Sungaiselan.

Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji prasyarat, melakukan uji normalitas (Shapiro Wilk) karena jumlah sampel <50 maka didapatkan sig. sebesar 0,427 dan 0,143 >0,05 dan hal ini menunjukkan data hasil penelitian normal. Dilakukan uji homogenitas nilai Sig. sebesar 0,114 > 0,05 dan hal ini menunjukkan pada kecemasan, pada hasil pretest dan posstest-nya varians homogen. Uji hipotesis yaitu uji regresi linier sederhana diperoleh untuk nilai signifikan 0,018 < 0,05 maka variable x terdapat pengaruh secara signifikan terhadap variable y sebesar 0,001 hipotesis diterima. Uji F (simultan) nilai f hitung 8,007 > F tabel 1,812, maka dapat dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian berarti terdapat pengaruh antara (x) secara simultan berpengaruh terhadap (y). Sehingga ada pengaruh penerapan konseling kelompok menggunakan pendekatan gestalt untuk mengatasi kecemasan peserta didik menghadapi ujian praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: konseling kelompok; pendekatan gestalt; kecemasan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: WIDIA OKTAVIANI
Date Deposited: 22 Nov 2024 06:39
Last Modified: 22 Nov 2024 06:39
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item
View Item