Umairoh, Khoirunnisa (2024) Implementasi pembelajaran hafalan Al-Qur'an siswi kelas VII di SMPITA At-Tauhid Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (273kB) | Request a copy
BAB 2_2011014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (473kB) | Request a copy
BAB 3_2011014.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (209kB) | Request a copy
BAB IV_2011014.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (622kB) | Request a copy
BAB V_2011014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (187kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa/i yang belum mencapai target yang ditentukan, hal tersebut dilìhat dari bacaan tajwid siswa/i, jumlah hafalan wajib yang harus disetorkan kepada guru tahfiz, dan beberapa siswa/i yang mencapai terget harian namun tidak mencapai target semester. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an dengan metode tikrar siswi kelas VII di SMPITA At-Tauhid Pangkalpinang (2) Untuk mengetahui Apakah melalui Metode Tikrar dapat Memudahkan dalam menghafal Al-Qur’an siswi kelas VII di SMPITA At-Tauhid Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi kegiatan. Dalam teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode tikrar dalam pembelajaran hafalan Al-Qur’an melalui 4 tahapan yakni perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengulangan yang dilakukan sekurang-kurangnya 5 kali, penggunaan mushaf siswi kelas VII yang tidak bergonta-ganti 2) Penerapan metode tikrar memudahkan siswi kelas VII dalam menghafal Al-Qur’an hal tersebut dilihat dari segi tajwid dan kelancaran hafalan. Metode ini cocok diterapkan di lembaga pendidikan (SMP) karena dengan pengulangan yang dilakukan terus menerus akan memacu perkembangan otak dan hafalan semakin lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Tikrar; Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Khoirunnisa Umairoh |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 04:25 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:22 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2758 |