Marlinda, Sendy (2024) Implementasi metode pembiasaan untuk mengembangkan nilai karakter tanggung jawab anak usia 4-5 tahun di TK Fitria Witail. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (896kB)
BAB I_1812058 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (310kB) | Request a copy
BAB II_1812058 (2).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (557kB) | Request a copy
BAB III_1812058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (376kB) | Request a copy
BAB IV_1812058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (485kB) | Request a copy
BAB V_1812058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (152kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1812058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (386kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode pembiasaan untuk mengembangkan nilai karkter tanggung jawab anak usia 4-5 tahun di TK Fitria Witail Desa Dendang dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembiasaan untuk mengembanhkan nilai karakter tanggung jawab anak usia 4-5 tahun di TK Fitria Witail Desa Dendang.
Adapun jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari data primer dan sekunder. Teknik penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan merangkum data-data yang diperoleh.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: Implementasi metode pembiasaan untuk mengembangkan nilai karakter tanggung jawab ada 4 tahap sebagai berikut: tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Implementasi metode pembiasaan karakter tanggung jawab ada berkembang sesuai harapan dan ada yang berkembang sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari empat indikator bahwa, anak dapat melakukan sesuatu yang harus dilakukan seperti membereskan mainan selesai bermain, berusaha mengerjakan tugas yang diberikan hingga selesai, selalu disiplin dan menontol diri dalam keadaan apapun, memperhitungkan semua konsekuensi dari perbuatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Pembiasan; Mengembangkan; Tanggung Jawab |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sendy Marlinda |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 10:49 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 10:49 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2737 |