Yantoni, Edi (2024) Peran guru dalam melatih disiplin peserta didik dalam pelaksanaan salat dhuha berjamaah di SD Al-Qu’an Darul Fatah Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddiq.
HALAMAN AWAL_1711038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1711038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (638kB) | Request a copy
BAB II_1711038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (931kB) | Request a copy
BAlB III_1711038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (362kB) | Request a copy
BAB IV_1711038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (657kB) | Request a copy
BAB V_1711038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1711038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (411kB) | Request a copy
LAMPIRAN_1711038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Salat Dhuha adalah salat sunnah yang di kerjakan ketika matahari baru naik. Jumlah rakaatnya minimal 2 dan maksimal 12. Sebagai realisasinya di SD Al-Qu’an Darul Fatah Pangkal Pinang terdapat kegiatan Salat Dhuha sebelum jam pelajaran di mulai, sehingga memiliki karakter yang berbeda dari maderasah yang lain. dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “Peran Guru Dalam Melatih Disiplin Salat Dhuha Berjamaah di SD Al-Qu’an Darul Fatah Pangkal Pinang” yang menjadi persoalannya adalah apakah guru melakukan upaya dalam menanamkan disiplin salat Dhuha secara maksimal? Dan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan salat dhuha berjamaah di SD Al-Qur’an Darul Fatah Pangkal Pinang? (2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan disiplin peserta didik dalam menjalankan salat dhuha berjamaah di SD Al-Qur’an Darul Fatah Pangkal Pinang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan komponen diantaranya, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu 1. pelaksanaan salat dhuha di SD Al-Qur’an Darul Fatah semua komponen guru dan peserta didik menjalankan tata tertib sekolah, peserta didik melnguasai diri delngan baik tidak ada yang melawan mengenai peraturan yang diterapkan. didik dibiasakan wudhu, sholat dhuha, wirid, dan mendengarkan ceramah di seltiap paginya 2. Peran guru pelndamping di SD Al-Qur’an Darul Fatah yaitu melmiliki tanggung jawab yang baik dan pelmilihan matelri telrkhusus pelnyampaian celramah seltellah salat dhuha delngan baik.namun terkhusus pelaksaan administrasi disini belum tersedia, dalam hal ini di SD Al-Qur’an Darul Fatah guru berperan menggunakan pembiasaan, Contoh dan Tauladan, Penyadaran, dan pengawasan .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | upaya guru dalam mendisiplin peserta didik dalam salat dhuha |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Edi Yantoni |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 10:05 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 10:05 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2735 |