Armanda, Rizky (2024) Peran guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan motivasi belajar kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Mentok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1811178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
BAB II_1811178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB) | Request a copy
BAB III_1811178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (136kB) | Request a copy
BAB IV_1811178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (222kB) | Request a copy
BAB V_1811178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (92kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (181kB) | Request a copy
Abstract
Pada saat ini dalam kegiatan belajar diperlukan suatu motivasi yang mendukung akan belajarnya pesertadidik. Belajar yang dilandasi oleh motivasi yang kuat akan memberikan hasil belajar yang lebih baik, dan juga adanya kemampuan belajar yang mempengaruhi upaya peningkatan motivasi belajar siswa, tetapi sering kali kemampuan belajar di identikkan dengan tingkatan intelegensi seseorang, padahal banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar seseorang, termasuk didalamnya ada motivasi. Adanya peran guru dalam motivasi belajar dalam pendidikan agama Islam sangatlah penting, apabila guru tidak ikut serta dalam memotivasi belajar siswa maka, siswa kurang kreatif dan tidak terpancing untuk bersikap aktif.
Berdasarkan observasi awal di SMA N 1 mentok di dapatkan hasil bahwa kuranganya motivasi belajar di SMA N 1 Mentok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan motivasi belajar di SMA N 1 Mentok dan juga untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam mengatasi penurunan motivasi belajar pada siswa di SMA N 1 Mentok.
Penelitianini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian kualitatif deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan atau memaparkan suatu keadaandan fenomena-fenomena dengan apa adanya yang sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan daripenelitian ini yaitu terdiri dari, 2 orang guru Pendidikan Agama Islam dan 7 Siswa. Sedangkan analisis datanya yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini, peran guru pendidikan agama Islam dalam upaya meningkatkan motivasi belajar di SMA N 1 Mentok, yakni seorang guru dapat memberikan kegiatan yang menarik dalam belajar dengan guru menentukan strategi dan metode yang kreatif dan inovatif serta memanfaatkan media dan fasilitas belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar, Mengatasi Penuruan Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rizky Armanda |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 09:50 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 09:50 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2724 |