Rohman, Abdul (2024) Dampak adiksi online game terhadap interaksi sosial peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2015047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB I 2015047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (655kB) | Request a copy
BAB II 2015047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (663kB) | Request a copy
BAB III 2015047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (586kB) | Request a copy
BAB IV 2015047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (686kB) | Request a copy
BAB V 201504.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (401kB) | Request a copy
Daftar Pustaka 2015047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (343kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya kalanagan remaja atau peserta didik ketergantungan dengan Online Game, terbukti sebagian dari peserta didik sering kali merasa malas dan sering ketiduran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan dan dampak adiksi Online Game terhadap interaksi sosial pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Di laksanakan di SMP Negeri 5 Pangkalpinang mulai dari Mei – Agustus 2024. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas, guru Bimbingan dan Konseling ( BK), Orang tua peserta didik, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah data, memilih data yang penting, mengolah data dan menyederhanakan data yang sudah terkumpul, kemudian baru di Tarik Kesimpulan.
Hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dilakukan peneliti di SMP Negeri 5 Pangkalpinang. maka peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut Dampak positif yang terjadi pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Pangkalpinang yaitu memperbanyak relasi pertemanan peserta didik, hal tersebut terjadi karena peserta didik selalu memanfaatkan atau memakai fitur yang disediakan di dalam Online Game mobile legend ini yaitu fitu mic dan pesan chat. Dan meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik karena mengutamakan strategi yang di pakai peserta didik saat bermain Online Game. Sedangkan dampak negatif yang terjadi pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pangkalpinang adalah peserta didik cenderung berbicara kasar dan kotor hal ini terjadi karena peserta didik saat bermain Online Game mengalami kekalahan saat bermain dan apabila ada teman satu timnya yang kurang mahir dalam bermain game mobile legend. Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata peserta didik hal ini terjadi saat peserta didik di perintah untuk sholat oleh orang tuanya rata-rata peserta didik yang bermain Online Gamelebih memilih untuk menyelesaikan game nya terlebih dahulu dari pada shalat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | online game;interaksi sosial;dampak positif negatif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Abdul Rohman |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 09:52 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 09:52 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2648 |