Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penerapan metode qiro’ati guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an pada peserta didik kelas xi titl 1 di SMK Negeri 1 Simpang Katis

Pipin, Pipin (2024) Penerapan metode qiro’ati guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an pada peserta didik kelas xi titl 1 di SMK Negeri 1 Simpang Katis. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011072.pdf] Text
Halaman Awal_2011072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (428kB)
[thumbnail of BAB I_2011072..pdf] Text
BAB I_2011072..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011072..pdf] Text
BAB II_2011072..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011072.pdf] Text
BAB III_2011072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011072..pdf] Text
BAB IV_2011072..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011072.pdf] Text
BAB V_2011072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011072.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah Penerapan Metode Qiro’ati Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas XI TITL 1 di SMK Negeri 1 Simpang Katis. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan metode qiro’ati guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an (2) Mengetahui faktor internal dan eksternal yang menyebabkan siswa kesulitan dalam membaca Al-Qur’an.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif, yaitu suatu kesimpulan yang muncul dari data kemudian diverifikasi dengan teori mengenai Penerapan Metode Qiro’ati dan faktor internal serta eksternal yang mempengaruhi kesulitan siswa kelas XI TITL 1 dalam membaca AL-Qur’an. Sumber data penelitian yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI SMK Negeri 1 Simpanag Katis dan beberapa orang siswa kelas XI TITL 1. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Qiro’ati guru pendidikan agama Islam dikelas XI TITL 1 melalui 4 tahap. Pertama menjelaskan materi menggunakan media pendukung dalam pembelajaran, kedua memberikan contoh dalam membaca Al-Qur’an, ketiga pengulangan materi, keempat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat siswa kesulitan membaca Al-Qur’an terdiri dari faktor eksternal dan internal seperti kesadaran membaca Al-Qur’an, motivasi membaca AL-Qur’an, sarana belajar, suasana lingkungan sekolah, durasi pembelajaran serta metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode qiro’ati; kesulitan membaca al-qur'an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: pipin pipin
Date Deposited: 01 Nov 2024 04:50
Last Modified: 01 Nov 2024 04:50
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2642

Actions (login required)

View Item
View Item