Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menangani learning loss pasca pandemi Covid-19 di SMP Negeri se Pangkalpinang

Farwati, Ika (2024) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menangani learning loss pasca pandemi Covid-19 di SMP Negeri se Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1911068.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1911068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1911068.pdf] Text
BAB I_1911068.pdf - Accepted Version

Download (223kB)
[thumbnail of BAB II_1911068.pdf] Text
BAB II_1911068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911068.pdf] Text
BAB III_1911068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911068.pdf] Text
BAB IV_1911068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911068.pdf] Text
BAB V_1911068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911068.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Fokus penelitian ini yakni hilangnya kemampuan dan keterampilan peserta didik, kondisi psikologis peserta didik tidak teratur, motivasi belajar peserta didik menurun, peserta didik mengalami perubahan karakter, kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, sehingga nilai pembelajaran peserta didik menurun. Permasalahan ini terjadi akibat dampak dari pandemi covid-19 yang mengakibatkan peserta didik mengalami learning loss. Learning Loss juga berdampak pada kesenjangan pembelajaran jarak jauh peserta didik, bagi peserta didik yang tidak memiliki akses belajar, beberapa yang tidak masuk sekolah bahkan bisa putus sekolah, dan yang lain kekurangan keterampilan yang peserta didik butuhkan untuk tingkat pembelajaran berikutnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah. Pertama, bentuk Learning Loss pasca pandemi covid-19 di SMP Negeri Se Pangkalpinang. Kedua, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani Leraning Loss pasca pandemi covid-19 di SMP Negeri Se Pangkalpinang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif yang memaparkan laporan hasil penelitian dan mendiskripsikan data-data yang diperoleh tentang strategi guru pendidikan Agama Islam dalam menangani learning loss di SMP negeri se Pangkalpinang. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 kepala sekolah, 6 pendidik dan 9 peserta didik. Sumber data penelitian yang diperoleh adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bentuk learning loss yang terjadi di SMP negeri se Pangkalpinang, yaitu menurunnya minat baca peserta didik, menurunnya kemampuan peserta didik, seperti motivasi belajar dan capaian belajar, serta menurunnya karakter peserta didik. Adapun strategi guru PAI dalam menangani learning loss dilakukan dengan tiga tahapan pembelajaran, yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi; learning loss
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ika Farwati
Date Deposited: 04 Nov 2024 09:18
Last Modified: 04 Nov 2024 09:18
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item
View Item