Sriyana, Elma (2024) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Negeri 1 Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (695kB)
BAB I_2011124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (174kB) | Request a copy
BAB II_2011124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (270kB) | Request a copy
BAB III_2011124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (146kB) | Request a copy
BAB IV_2011124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (334kB) | Request a copy
BAB V_2011124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (94kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (135kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini berfokus pada temuan bahwa sejumlah kecil siswa kelas X mengalami kurangnya rasa percaya diri ketika harus tampil di depan kelas, merasa cemas saat menyampaikan pendapat, serta khawatir ketika harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam. Hal ini membuat mereka tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri, merasa rendah diri dibandingkan dengan kemampuan orang lain, serta merasa gugup ketika harus berbicara di kelas, terutama ketika tidak mendapatkan dukungan dari teman sekelasnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Negeri 1 Muntok, (2) untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi tersebut, dan (3) untuk memahami perubahan kepercayaan diri siswa setelah guru Pendidikan Agama Islam menerapkan strategi tersebut.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah dan Siswa kelas X di SMK Negeri 1 Muntok. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam adalah strategi pembelajaran afektif dan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa kelas X mencakup diskusi kelompok, tugas mandiri, apresiasi dan reward, serta pendekatan personal dan komunikasi aktif. (2) penerapan strategi dilakukan dengan cara melibatkan siswa dalam diskusi kelompok, presentasi, dan tugas mandiri. Guru memberikan apresiasi serta reward kepada siswa setelah menyelesaikan tugas. Melakukan pendekatan personal dan komunikasi aktif kepada siswa, ini bertujuan mendorong siswa agar lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum (3) analisis terhadap perubahan kepercayaan diri siswa menunjukkan bahwa setelah strategi diterapkan, siswa menjadi lebih berani berbicara, mengalami perubahan pola pikir, serta mampu mengatasi keterbatasan dan hambatan yang ada.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kepercayaan Diri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Guru; Kepercayaan Diri |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Elma Sriyana |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:24 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:24 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2635 |