Indriati, Silviana (2024) Efektivitas konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan tiktok peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Namang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2015023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (980kB)
BAB I_2015023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (141kB) | Request a copy
BAB II_2015023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (276kB) | Request a copy
BAB III_2015023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (230kB) | Request a copy
BAB IV_2015023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (408kB) | Request a copy
BAB V_2015023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (16kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2015023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (81kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kecanduan media sosial tiktok merupakan kondisi dimana individu merasa ketergantungan terhadap suatu hal yang disenangi pada berbagai kesempatan yang mengakibatkan kurangnya kontrol terhadap perilaku. Kecanduan media sosial tiktok akan berdampak negatif pada peserta didik yang mengalaminya. Pemberian layanan konseling kelompok yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling sepertinya belum menunjukkan hasil yang baik, sehingga peneliti berkolaborasi dengan guru bk untuk membantu memperbaiki perilaku mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan media sosial tiktok peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Namang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain quasi experiment dan tipe nonequivalent control group. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dari penelitian ini sebanyak 12 orang yang mengalami Kecanduan media sosial tiktok, pengumpulan data penelitan berupa angket. Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah paired sample t test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektivitas pada konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi Kecanduan media sosial tiktok terhadap peserta didik, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data menggunakan paired sample t-test yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari nilai signifikansi ( 0,002 < 0,05) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan konseling kelompok; teknik self management; kecanduan tiktok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Silviana Indriati |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 09:17 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 09:17 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2607 |