Quthubillah, Auliya (2024) Implementasi nilai-nilai akhlak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter relegius pada generasi alpha di Sekolah Dasar Negeri 4 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011128 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011128.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
BAB II_2011128.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (335kB) | Request a copy
BAB III_2011128.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB) | Request a copy
BAB IV_2011128.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (237kB) | Request a copy
BAB V_2011128.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (17kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011128.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (24kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Permasalahan ini diambil berdasarkan pertimbangan bahwa pada masa sekarang dibutuhkan implementasi nilai-nilai akhlak pada generasi alpha pada pembelajaran Pendidikan agama Islam. Dari apa yang dilakukan oleh pendidik Pendidikan agama Islam setidaknya bisa menggambarkan hal tersebut bahwa pada masa sekarang, nilai-nilai akhlak sangatlah penting untuk diterapkan kepada generasi alpha.
Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan atas proses implementasi nilai-nilai akhlak pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter relegius generasi alpha di sekolah dasar negeri 4 Simpang Teritip. Pengumpulan data utamanya dilakukan melalui dokumentasi berupa implementasi nilai-nilai akhlak pada pesertas didik pada saat proses pembelajaran didalam kelas, dan diperkuat dengan observasi, serta wawancara dengan pendidik dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai akhlak pada pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter relegius pada generasi alpha di SD Negeri 4 simpang teritip sudah berjalan dengan baik, pendidik mengimplementasi nilai-nilai akhlak melalui terintegrasi melalui mata Pelajaran pendidikan agama Islam (kurikuler) dan melalui kegiatan kegamaan (ekstrakurikuler). Melalui tahapan itu guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam implementasi nilai-nilai akhlak pada peserta didik tentunya terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu motivasi dan tekad peserta didik, dukungan orang tua terhadap kegiatan sekolah, Kerjasama antar guru, sarana prasarana yang memadai dan kurikulum. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu peserta didik malas dalam mengikuti kegiatan, kondisi orangtua yang kurang menunjang proses implementasi, dan kurangnya kerjasama antar guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi; nilai-nilai akhlak; karakter relegius; generasi alpha |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Auliya Quthubillah |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 01:27 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 01:27 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2598 |