Akbariyah, Jumviany Nur (2024) Upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam melalui budaya literasi di Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (298kB)
BAB II_2011002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (342kB) | Request a copy
BAB III_2011002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (374kB) | Request a copy
BAB IV_2011002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (431kB) | Request a copy
BAB V_2011002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (131kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (163kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan yang terjadi di Tempilang pada saat ini kurangnya kesadaran
dalam diri peserta didik untuk memahami pengetahuan pendidikan agama Islam. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu, pertama untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui budaya literasi pada peserta didik di Tempilang, kedua untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui budaya literasi di Tempilang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari
penelitian ini merupakan deskripsi dari data yang diperoleh selama penelitian berlangsung melalui observasi (pengamatan) ke lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul lalu di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan melakukan kesimpulan. Sumber dari data penelitian diambil melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik.
Hasil dari penelitian ini dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam
melalui budaya literasi di Tempilang melalui beberapa cara yaitu pertama
pembiasaan membaca buku sebelum memulai pembelajaran inti, kedua setiap hari jum’at diadakan membaca kitab yasin bersama, ketiga pemanfaatan perpustakaan oleh guru PAI, keempat pembiasaan membaca huruf hijaiyah, kelima pembiasaan menyuruh peserta didik aktif dalam pembelajaran dengan membaca buku, keenammengaktifkan dengan membagi kelompok. Adapun faktor internal dan eksternal dalam peningkatan mutu pendidikan agama Islam melalui budaya literasi di Tempilang yaitu pertama faktor internal terdapat dalam diri peserta didik itu sendiri. Kedua faktor eksternal terdapat pada kurangnya perhatian dari orangtua sehingga peserta didik terpengaruh oleh gadget dan menjadi bebas tanpa adanya pengawasan dari orangtua.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | peningkatan mutu pendidikan agama Islam; budaya literasi peserta didik |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Jumviany Nur Akbariyah |
| Date Deposited: | 31 Oct 2024 08:49 |
| Last Modified: | 31 Oct 2024 08:49 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2597 |
