Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Integrasi Kurikulum Merdeka (MB)dengan sistem digital dalam membentuk prilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Asr Mesu Timur

Sani, Sani (2024) Integrasi Kurikulum Merdeka (MB)dengan sistem digital dalam membentuk prilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Asr Mesu Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_228101020.pdf] Text
HALAMAN AWAL_228101020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I_228101020.pdf] Text
BAB I_228101020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (232kB)
[thumbnail of BAB II_228101020.pdf] Text
BAB II_228101020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (886kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_228101020.pdf] Text
BAB III_228101020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_228101020.pdf] Text
BAB IV_228101020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_228101020.pdf] Text
BAB V_228101020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_228101020.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_228101020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Tesis ini mengkaji implementasi integrasi kurikulum berbasis Merdeka Belajar (MB) dengan sistem digital di Pondok Pesantren Nurul Falah untuk membentuk perilaku santri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penggunaan teknologi digital dapat memperkaya pengalaman belajar santri dan memengaruhi pembentukan perilaku mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi MB dengan sistem digital telah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar santri, serta membentuk perilaku positif seperti kemandirian, keberanian mengemukakan pendapat, dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya penyesuaian kurikulum dan pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan pesantren untuk mempersiapkan santri menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi MB dengan sistem digital telah membantu mempercepat proses pembelajaran dan meningkatkan efisiensi pengelolaan pesantren secara keseluruhan. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi santri untuk mengembangkan keterampilan teknologi yang sangat diperlukan di era digital ini. Dengan demikian, penggunaan teknologi dalam pendidikan pesantren dapat memperkuat posisi pesantren sebagai lembaga pendidikan yang relevan dan dapat bersaing di tingkat global.
"

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Implementasi Integrasi Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar (MB) Dengan Sistem Digital
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Selpi Egitya
Date Deposited: 31 Oct 2024 08:16
Last Modified: 31 Oct 2024 08:16
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2584

Actions (login required)

View Item
View Item