Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Konsep guru dan murid ideal dalam islam dan relavansinya: Perspektif ta'lim muta'llim karya syaik az-zarnuji

Rahman, Budiono (2024) Konsep guru dan murid ideal dalam islam dan relavansinya: Perspektif ta'lim muta'llim karya syaik az-zarnuji. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811030 (1).pdf] Text
Halaman Awal_1811030 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1811030.pdf] Text
BAB I_1811030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811030.pdf] Text
BAB II_1811030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811030.pdf] Text
BAB III_1811030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811030.pdf] Text
BAB IV_1811030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811030.pdf] Text
BAB V_1811030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1811030.pdf] Text
Daftar Pustaka_1811030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Islam adalah penataan individual dan sosial yang dapat menyebabkan seseorang tunduk taat pada Islam dan menerapkannya secara sempurna didalam kehidupan individu dan masyarakat. Melihat fenomena yang terjadi pada era modern seperti saat ini Pendidikan sudah mulai goyah dan rapuh, kemerosotan moral banyak terjadi didunia Pendidikan bangsa ini dan yang kita alami pada saat ini, al itu bisa memberikan Solusi alternatif bagi persoalan guru Indonesia. Guru adalah orang yang memberikan pengetahuan kepada anak didik atau orang yang berpotensi sebagai pengajar. Murid adalah orang yang menghendaki untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan kepribadian yang baik sebagai bekal hidupnya agar berbahagia dunia dan akhirat dengan belajar dengan sungguh-sungguh. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia dalam melalui pengajaran dan pelatihan yang didalamnya terdiri dari pendidik (Guru) dan peserta didik (Murid). Metodologi pendidikan dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk memeperoleh informasi dan obyektif mengenai; bagaimana konsep guru dan murid yang ideal dalam islam perspektif Ta’lim Muta’allim karya syekh Az Zarnuji. Penelitian ini merupakan study kepustakaan atau study pustaka (library research).
Syaikh Az-Zarnuji memaparkan dalam kitab Ta’lim Muta’allim konsep guru dan murid ideal dalam islam. Sebagai seorang guru mereka harus mempunyai sikap yang alim, waro’, berusia, dan berwibawa. Sedangkan sebagai seorang murid mereka harus mempunyai niat untuk belajar, memilih ilmu, memilih guru dan teman, mengagungkan ilmu dan ahlinya ilmu, bersungguh-sungguh, tekun dan cita-cita tinggi, memulai belajar dari ukuran dan urutannya, tawakkal, mengetahui waktu/masa belajar, memiliki rasa kasih sayang dan menerima nasehat, menari tambahan ilmu dan adab, memiliki sifat waro’ pada masa belajar, mengetahui hal-hal yang dapat menguatkan dan melemahkannya.
Kata kunci: konsep guru dan murid serta tokoh Az-Zarnuji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konsep guru deal; konsep murid Ideal; Az-Zarnuji
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku)
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Budiono Rahman
Date Deposited: 31 Oct 2024 09:02
Last Modified: 31 Oct 2024 09:02
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item
View Item