Nurhijah, Nurhijah (2024) Kompetensi Guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami siswa SDN di Sungai Selanrilaku Islami Rilaku Islami siswa SDN di Sungai Selan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_228101013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_228101013.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (242kB) | Request a copy
BAB II_228101013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (734kB) | Request a copy
BAB III_228101013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (216kB) | Request a copy
BAB IV_228101013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (682kB) | Request a copy
BAB V_228101013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (118kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_228101013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (131kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Guru PAI sebagai salah satu pelaksana dan penentu berkualitas atau tidaknya sebuah pembelajaran tentang nilai-nilai keislaman di sekolah khususnya di tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN). Guru terus berusaha meningkatkan kualitas dirinya agar menjadi guru PAI yang berkompetensi. Ragam kompetensi guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam. Dalam Peraturan Perundangundangan Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2010 mengenai pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah ditegaskan bahwa guru PAI harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, professional, dan kepemimpinan.
Metode yang peneliti gunakan yakni kualitatif deskriptif menggunakan data primer dan data sekunder yang didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumetasi. Setelah itu, data dikumpulkan serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman seperti reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sudah terpenuhinya lima kompetensi guru PAI SDN di Sungai Selan dengan strategi atau metode mengajar yang disesuaikan pula dengan masing-masing kompetensi sebagai upaya mewujudkan perilaku Islami pada peserta didik SDN di Sungai Selan. Peneliti menyarankan guru-guru PAI SDN di Sungai Selan untuk terus melakukan evaluasi secara terus menerus baik bersama pimpinan sekolah maupun evaluasi mandiri, dengan tujuan terciptanya kualitas SDM yang unggul yang sudah sangat paham terkait kompetensi yang sudah harus dimiliki oleh guru PAI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | kompetensi ; guru PAI; perilaku Islami; peserta didik |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selpi Egitya |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 15:06 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 15:06 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2552 |