Suprin, Suprin (2024) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dan religiusitas untuk membentuk sikap peduli sosial siswa MTs Nurul Falah Kec. Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_228101024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (336kB)
BAB I_228101024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (176kB) | Request a copy
BAB II_228101024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (285kB) | Request a copy
BAB III_228101024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (119kB) | Request a copy
BAB IV_228101024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
BAB V_228101024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_228101024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (170kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dan religiousitas merupakan proses di mana siswa mengadopsi dan menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari mereka. Tujuan dari internalisasi ini adalah untuk membentuk sikap peduli sosial pada siswa, yaitu sikap yang peka terhadap kebutuhan dan penderitaan orang lain serta memiliki keinginan untuk membantu dan berkontribusi dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Konsep Nilai-nilai pendidikan Islam dan Religiusitas yang dapat diinternalisasi untuk membentuk sikap peduli sosial siswa MTs Nurul Falah. Penelitian dengan judul Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dan religiousitas untuk membentuk sikap peduli sosial dapat dikategorikan sebagai penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menggunakan data kualitatif, yaitu data yang bersifat deskriptif dan tidak menggunakan angka. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa MTS Nurul Falah menanamkan nilai-nilai religiusitas kepada siswa sejak dini melalui berbagai kegiatan, seperti pengajaran agama, pembinaan akhlak mulia, dan pembiasaan ibadah, MTs Nurul Falah menerapkan nilai-nilai religiusitas dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, seperti melalui kegiatan shalat berjamaah, tadarus Al-Qur'an, dan ceramah agama.
ENGLISH:
Internalization of Islamic educational values and religiosity is a process in which students adopt and apply religious values in their daily lives. The aim of this internalization is to form a socially caring attitude in students, namely an attitude that is sensitive to the needs and suffering of other people and has a desire to help and contribute to society. The aim of this research is to find out how the concept of Islamic educational values and religiosity can be internalized to form a social caring attitude among MTs Nurul Falah students.Research with the title Internalization of Islamic educational values and religiosity to form social caring attitudes can be categorized as qualitative research. Qualitative research is a type of research that uses qualitative data, namely data that is descriptive and does not use numbers. The methods used in collecting data are observation, interviews and documentation. Based on the research results, it can be concluded that MTS Nurul Falah instills the values of religiosity in students from an early age through various activities, such as teaching religion, fostering noble morals, and getting used to worship, MTs Nurul Falah applies the values of religiosity in daily life at school, such as through congregational prayers, Al-Qur'an tadarus, and religious lectures.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | internalisasi; pendidikan Islam; religiusitas internalization; Islamic education; religiousness |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Suprin Suprin |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 09:14 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 09:15 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2546 |